Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #128: Jangan Parkir Sembarangan, Lur! Nanti Kena Sanksi Sosial

Posted: 18 November 2020
Comments: 0


sumber: radarbanyumas.com




Loh, Sanksi Sosial kepriwe, sih?





Jadi begini, Lur. Setelah menetapkan jalur sepeda, Dinas Perhubungan wis menjanjikan peraturan untuk kendaraan umum tidak boleh parkir di jalur sepeda. Sanksi Sosial sing dimaksud merupakan upaya Dinhub untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak parkir di jalur sepeda yang sudah ditetapkan. Jadi, bagi kendaraan umum yang parkir di jalur sepeda akan diberikan sanksi sosial oleh Satlantas.





Oh iya ya, sekarang ada jalur sepeda baru di Kota Purwokerto. Terus, sejak kapan Lur diterapin sanksinya?





Operasi penertiban parkir sudah dilaksanakan sejak dua hari lalu, Lur. Operasi tersebut terdapat di beberapa titik yang memang dipantau oleh kepolisian. Terutama di jalur satu arah. Peraturan ini ditetapkan sesuai dengan Perda no 1 Tahun 2015 yang berisi bahwa kendaraan yang melakukan pelanggaran akan dilakukan upaya pemindahan oleh Satlantas.





Sampai kapan tuh, Lur? Udah ada yang kena sanksi atau belum?





Operasi ini rencananya akan dilaksanakan rutin sampai akhir tahun. Selama dua hari berjalan, sudah ada yang diberikan sanksi sosial berupa pemindahan kendaraan dan dokumentasi pemilik kendaraan memegang sebuah kertas bertuliskan “Saya Pelanggar Hak Pengguna Sepeda”.





Lucu juga ya sanksi sosialnya. Eh, tapi kan ada beberapa tempat parkir yang dijadiin jalur sepeda. Gimana tuh?





Nah, bener banget. Terdapat satu titik yaitu di Jalan Bank yang masih terkendala terkait tempat parkir karena telah dialihkan fungsi menjadi jalur sepeda. Satlantas hingga kini masih menangani penertiban wilayah parkir sehingga peraturan tersebut masih dalam proses sosialisasi.





Berarti kita harus memperhatikan perubahan jalur dan tempat parkir kendaraan di Kota Purwokerto, dong?





Bener banget, Lur! Kita harus memperhatikan perubahan yang terjadi di jalanan Purwokerto. Kalau kena sanksi sosial, kan repot juga. Selain itu, peraturan tersebut ditetapkan untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang pengin gowes dengan aman dan nyaman.





Demi kenyamanan bersama, patuhi peraturan lalu lintas dan tetap stay safe ya, Lur!










Penulis: Aulia Mulan Santika









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.