Category: Press Release

Festival of Study Abroad (FOSA) 2020

Posted: 22 November 2020
Comments: 0


Penyampaian materi oleh guest star FOSA 2020, Leonardo Edwin (8/11).
(Sumber: Dokumentasi FOSA 2020)




BEM Unsoed - Festival Of Study Abroad (FOSA) merupakan salah satu program kerja Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed. Mengusung tema "Find Your Treasure with Study Abroad", FOSA 2020 diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan disiarkan kepada peserta bekerjasama dengan FISIP TV Unsoed.





FOSA telah diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2020-1 November 2020 dan 7-8 November 2020. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa umum dari berbagai universitas di Indonesia. Rangkaian kegiatan dikemas secara edukatif dan informatif guna memfasilitasi para generasi muda terkait penyebaran informasi kuliah di luar negeri.





FOSA memiliki tujuan untuk memberi informasi dan edukasi terkait studi di luar negeri, memotivasi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, sarana pelatihan untuk meningkatkan skill guna melanjutkan kuliah di luar negeri, serta memberikan pemahaman bahwa setiap setiap masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan ke luar negeri.





Seperti di tahun-tahun sebelumnya, FOSA mengemas informasi melalui berbagai rangkaian acara yang menarik. Rangkaian acara FOSA yang telah diselenggarakan yaitu Workshop CV & Essay, IELTS Simulation, TOEFL Simulation, Expo Education dan Talkshow Education.





  • Workshop CV & Essay.




Workshop CV dan Essay merupakan pembukaan rangkaian acara dari FOSA yang diselenggarakan pada Sabtu (31/10). Kegiatan ini menyediakan pelatihan dan tips-tips untuk membuat CV serta essay yang baik untuk menunjang pendaftaran beasiswa kuliah, khususnya kuliah di luar negeri.





Peserta diberikan materi dalam bentuk presentasi oleh pemateri yang berasal dari lembaga informasi beasiswa, Indonesia Mengglobal. Selain itu, peserta juga mendapatkan praktik simulasi wawancara beasiswa secara langsung oleh salah satu awardee beasiswa LPDP, Anang Widhi Nirwansyah.





  • IELTS Simulation & TOEFL Simulation.




Setelah workshop, rangkaian acara FOSA berlanjut dengan IELTS Simulation dan TOEFL Simulation pada Minggu (1/11). Rangkaian simulasi tes ini diselenggarakan secara online melalui Zoom Meeting. IELTS Simulation menyediakan simulasi IELTS, yaitu tes kemampuan bahasa Inggris yang menjadi syarat untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri. Selain IELTS, FOSA juga menggelar simulasi tes TOEFL.





  • Expo Education




Berlanjut menuju rangkaian acara ketiga yaitu Expo, FOSA mengundang total 10 lembaga beasiswa dan 8 PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia). Kesepuluh lembaga beasiswa yang dihadirkan adalah DAAD, Sahabat Beasiswa Purwokerto, Erasmus, AMINEF, AIESEC, IRO Unsoed, Schoters, Nuffic Neso, GENBI Purwokerto dan Uni Italia.











Sementara PPI yang hadir berasal dari negara Jepang, Amerika, Turki, Filipina, Tiongkok, Belgia, Hungaria dan Malaysia. Kegiatan Expo Education yang diselenggarakan pada Sabtu (7/11) melalui Zoom ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa, melainkan juga masyarakat umum.





  • Educational Talkshow




Keesokan harinya, Minggu (8/11), diadakan Educational Talkshow dengan mengundang tiga pembicara untuk berbagi pengalaman serta tips dan trik selama menjadi mahasiswa asing. Ketiga pembicara yang hadir yaitu, Leanardo Edwin (Informatics System and Entrepreneurship, University of Washington), M. Fajar Haqi (Magister Student of Internasional Relations Kocaeli University) dan Jusmadi Sahriadi (Candidate Master of Accounting and Finance, The University of Adelaide).









Ketiga pembicara berbagi mengenai bagaimana mereka berjuang mendapatkan beasiswa hingga proses menghadapi dunia perkuliahan di luar negeri. Educational Talkshow ini sekaligus menjadi rangkaian acara puncak dan penutup FOSA 2020.





Secara keseluruhan, acara FOSA 2020 berjalan dengan sangat lancar. Hambatan kecil yang ditemui berupa koneksi juga dapat teratasi dengan baik. Seluruh peserta FOSA mengikuti jalannya tiap rangkaian acara dengan aktif dan kondusif. Semoga dengan diselenggarakannya FOSA dapat menambah informasi terkait pendidkan di luar negeri dan memotivasi mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.





Break the limit, let's study abroad!










Penulis: Dzaki Azhar





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.