(Sumber : Kementerian Pengabdian Masyarakat)

BEM Unsoed – Telah berlangsung agenda Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM Unsoed 2021 Kabinet Baragia yaitu Mitra Desa BEM Unsoed 2021, kegiatan tersebut berlangsung dari Bulan September – November 2021 dan bertempat di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas.

Mitra Desa merupakan suatu program yang dibentuk untuk menjalin kerja sama dengan desa dalam bentuk pengabdian masyarakat melalui berbagai  kegiatan yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan dan lingkungan, pariwisata, serta kegiatan yang menyesuaikan dengan keadaan yang dibutuhkan oleh mitra desa tersebut.

Kegiatan Mitra Desa terdiri dari 4 bidang pengabdian, yaitu :

a. Bidang pendidikan

Pada bidang Pendidikan, diterapkan konsep Sekolah Alam yang dilakukan selama 6 kali pertemuan di lingkungan sekitar TPQ Talang Tirta.

b. Bidang kesehatan dan lingkungan

Bidang ini membantu melalui keikutsertaan petugas dalam upaya penyuksesan pelaksanaan program kesehatan desa seperti Posyandu bayi, Posbindu, Posyandu lansia, Upaya Vaksinasi masyarakat Desa Mandirancan, dan kegiatan kelas ibu hamil.

c. Bidang Pariwisata

Pengenalan Desa Mandirancan dari sisi budaya dan potensi wisatanya kepada masyarakat umum melalui media sosial BEM Unsoed yaitu dengan pengeksposan kegiatan Pagelaran Wayang, Pembuatan video profil Desa Mandirancan, pengeksposan potensi wisata Bukit Jatisiji yang bekerja sama dengan Karangtaruna Permatasari 01 Desa Mandirancan.

(Sumber : Kementerian Pengabdian Masyarakat)

Kegiatan Mitra Desa secara umum terlaksana dengan lancar, walaupun ada sedikit kendala pada tiap bidang pengabdian yang disebabkan oleh keterlambatan waktu kegiatan. Hal tersebut bisa terjadi karena ada perubahan dibeberapa agenda mengingat urgensi kegiatan pemberdayaan masyarakat yang seharusnya bisa dilaksanakan berdasarkan keputusan bersama pemerintah desa baik itu terkait waktu maupun bentuk kegiatan. Selebihnya, kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar diakhiri dengan terselenggarakannya penutupan Mitra Desa di Balai Desa Mandirancan yang dihadiri oleh perwakilan tokoh dari tiap bidang pengabdian.


Penulis : Muhammad Fakhri Hamasah

Bagikan