Halo, Sobat Gensoed! Apa kabarnya hari ini? Semoga sehat selalu, ya. 

Mimin kembali menyuguhkan tulisan bermanfaat untuk Sobat Gensoed semua, tapi kali ini berbeda, lho.

Medkraf BEM Unsoed eksklusif menyajikan Nulispedia sebagai ajang berbagi kepada Sobat Gensoed semua tentang bahasa Indonesia dan tata bahasanya. Sudah siap belajar bersama? Yuk kita ke bahasan yang pertama~

Seringkali ditemukan kata dengan bentuk seperti ini: 

  • Tanggungjawab
  • Terimakasih
  • Kerjasama

Umm, like there was nothing suspicious … Memang ada yang aneh, kah, MIn?

Jelas, dong, Sobat. Mimin kasih tahu, ya. Jadi, tiga kata di atas adalah bentuk tidak baku yang sering digunakan oleh (mayoritas) kita pada kehidupan sehari-hari, baik dalam ragam formal maupun nonformal. Namun, ada baiknya ketika dalam ragam formal, tulisan yang kita gunakan adalah bentuk yang sudah distandardisasi dan terdaftar sebagai kata baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

I see So, tulisan di atas salah semua, ya?

Nope, bukan salah. Hanya saja, kurang tepat.

Dalam KBBI, kata tanggungjawab, terimakasih, dan kerjasama ditulis secara terpisah berbentuk frasa: tanggung jawab, terima kasih, dan kerja sama. Jadi, bentuk yang sudah paten adalah penulisan yang dipisah ya, Sobat.

Selain kata baku, Mimin juga mau sharing tentang penggunaan tanda baca yang seringkali keliru penggunaannya dan tidak jarang membuat beberapa orang geregetan.

Contohnya seperti ini:

  • Kamu tadi kenapa nggak masuk mata kuliah Bahasa Indonesia.?
  • Selamat sore, guys.!
  • Kerjakan sekarang!.

Sobat, bukankah tidak nyaman melihat dua tanda baca penanda kalimat disatukan seperti itu? Tanda seru (!), tanda tanya (?), dan tanda titik (.) merupakan tanda intonasi final sebuah kalimat maka penggunaannya tidak boleh digabung. Tanda tanya hanya untuk kalimat interogatif (kalimat tanya), tanda seru hanya untuk kalimat imperatif (kalimat perintah/permintaan) dan tanda titik hanya untuk kalimat deklaratif (kalimat berita/pernyataan).

Oleh karena itu, penulisan yang tepat seharusnya seperti ini:

  • Kamu tadi kenapa nggak masuk mata kuliah Bahasa Indonesia?
  • Selamat sore, guys.
  • Kerjakan sekarang!

Nah, sekarang sudah tahu, kan? Mulai sekarang, yuk biasakan menggunakan bahasa baku dan tanda baca yang tepat agar terlihat lebih profesional~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *