(Sumber: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

BEM Unsoed – Telah dilaksanakan Talkshow Pakar (Penguatan Kaderisasi) oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM Unsoed pada hari Minggu (20/11) di Aula Gedung Integrated Academic Building Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan ini dihadiri oleh 52 peserta yang mewakili 28 Ormawa dari 11 fakultas di Universitas Jenderal Soedirman.

Talkshow PAKAR (Penguatan Kaderisasi) merupakan upaya program kerja untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya kaderisasi dalam kesuksesan organisasi sekaligus menciptakan regenerasi yang aktif dan mumpuni, sehingga akan mempermudah terbentuknya struktur tim kerja yang sesuai dengan target.

Kegiatan ini mengangkat judul “Tangguhkan Kaderisasi, Demi Masa Depan Organisasi”, dengan konsep menghadirkan dan menyatukan seluruh partisipasi aktif perwakilan setiap Ormawa di Universitas Jenderal Soedirman dengan pembahasan materi oleh pembicara yang khusus dalam bidang kaderisasi.

Diadakannya kegiatan Talkshow PAKAR ini diharapkan dapat memberikan pemahaman terkait manfaat berorganisasi, konsep kaderisasi yang tepat, meningkatkan minat mahasiswa dalam keikutsertaan di organisasi serta sebagai suatu wadah untuk berbagi pengalaman antar Ormawa  satu dengan yang lainnya maupun dengan pembicara.

(Sumber: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya berorganisasi yang perlu ditingkatkan dan disebarluaskan secara merata bagi mahasiswa. Utamanya dalam rangka mendukung proses kaderisasi setiap organisasi kemahasiswaan di Universitas Jenderal Soedirman.

Kaderisasi sendiri merupakan proses kegiatan untuk menyiapkan, membina, serta mengembangkan SDM secara terdidik agar terbentuk struktur kerja yang mandiri dan berkelanjutan. Pastinya, organisasi dan kaderisasi merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak terpisahkan dalam keberlangsungannya.

Organisasi tidak akan berjalan mulus apabila tidak diiringi dengan kader yang baik. Kader yang baik tersebut diperoleh dari hasil pengkaderan yang baik pula. Cara pengkaderan yang baik yakni mengkombinasikan antara kemampuan dan pelatihan serta menciptakan intelektual yang memiliki kualitas yang baik.

(Sumber: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Rangkaian acara dari Talkshow PAKAR (Penguatan Kaderisasi) terdiri dari Pembukaan, Pemaparan Studi Kasus, Pemaparan Materi, dan Sesi Diskusi. Pembicara pada kegiatan ini adalah Menteri Kaderisasi dan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Diponegoro yaitu Muhammad Afi Sutan Ramadhan. Pada pemaparan materi dibahas mengenai tentang penguatan kaderisasi dan interpretasi kaderisasi di Universitas Diponegoro yang dapat diaplikasikan melalui pedoman kaderisasi Buku Biru. Buku Biru merupakan pedoman alur kaderisasi yang ada dan diterapkan di Universitas Diponegoro. Pada sesi diskusi peserta bertanya mengenai masalah kaderisasi yang ada di Ormawa Unsoed yang dijawab oleh pembicara berdasarkan interpretasinya pada buku biru.


Penulis: Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Editor: Fathimah Afra Salsabila

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *