(Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)

BEM Unsoed – Telah dilaksanakan Adik Asuh yang merupakan program kerja Kementerian Pengabdian Masyarakat yang berkolaborasi dengan Kementerian Pengembangan Literasi dan Keilmuan dalam rangka meningkatkan literasi minat baca, berdonasi buku, serta melaksanakan lomba-lomba menyambut HUT RI KE-77 di Panti Asuhan Luhur Nur Karomah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 16 s.d. 17 Agustus 2022 disertai dengan galang donasi buku pada tanggal 1 s.d. 15 Agustus 2022 yang diikuti oleh 12 anak-anak panti yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA.

Rangkaian kegiatan Adik Asuh dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Bagimu Negeri yang bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme. Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang didampingi oleh perwakilan teman-teman PLK dan Pengmas. Kegiatan selanjutnya yaitu memasuki sesi Membaca Bersama PLK, dimana kegiatan sepenuhnya diserahkan kepada Kementerian PLK dengan acara membaca buku bertema kepahlawanan dari hasil donasi selama 15 menit. Kegiatan dilanjutkan dengan mereview materi buku bersama dengan teman-teman pendamping yang bertujuan agar anak-anak dapat mengambil pelajaran. Pemaparan materi Leadership merupakan kegiatan lanjutan setelah materi review buku selesai. Mekanismenya yaitu terdapat perwakilan teman-teman PLK yang mengajar mengenai materi Leadership kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing bersama teman-teman pendamping. Selanjutnya, terdapat kegiatan dongeng sejarah Indonesia yang diceritakan oleh satu perwakilan teman Pengmas dan juga PLK.

Hari kedua Adik Asuh dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus 1945 dilanjutkan dengan kegiatan senam maumere. Kegiatan berikutnya diisi dengan perlombaan-perlombaan yang terdiri dari balap karung, paku bumi, pecah balon, games tepung, dan diakhiri dengan perlombaan yel-yel antarkelompok. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman dan pembagian hadiah serta kesan pesan serta harapan anak-anak panti untuk mereka dan panitia kedepannya.

Kegiatan Adik Asuh berjalan lancar yang ditandai dengan tercapainya donasi yang melebihi target serta anak-anak yang menunjukkan perasaan ceria, saling tolong menolong, toleransi, dapat mengungkapkan pendapat, antusias ketika pemaparan materi dan ice breaking, serta menunjukkan energi positif kepada para panitia Adik Asuh 2022.


Penulis: Kementerian Pengabdian Masyarakat & Kementerian Pengembangan Literasi Keilmuan

Editor: Amanah Sasi Yuliyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *