Category: Press Release

Diskusi Online UU Minerba : Berkah Untuk Korporasi, Ancaman Ruang Hidup Masyarakat

Posted: 19 Juni 2020
Comments: 0


Sumber: Dokumentasi Kementrian Kastrat BEM Unsoed




BEM Unsoed - Kementerian Kajian dan Aksi Strategis BEM Unsoed berkolaborasi bersama dengan Kementerian Sosial Politik BEM KM MIPA Unsoed untuk mengadakan diskusi dengan tema: “UU Minerba: Berkah Untuk Korporasi, Ancaman Ruang Hidup Masyarakat“. Diskusi ini dilaksanakan secara online menggunakan Google Meet pada Minggu (07/06) pukul 19.30 sampai 22.15 WIB.





Diskusi dibuka oleh moderator Andhika Ramadhan, Menteri Sospol BEM KM MIPA Unsoed, dan dilanjutkan pemaparan oleh tiga narasumber, diantaranya :





1. Merah Johansyah (Koordinator JATAMNAS)





2. Erekso Hadiwijoyo, S.Hut., M.Si. (Dosen Pertanian Universitas Brawijaya)





3. Arifsyah Nasution (Juru Kampanye Greenpeace)





Pembicara pertama dalam diskusi ini, Merah Johansyah, berkesempatan membahas pasal-pasal bermasalah dan kontroversial dalan UU Minerba “RUU minerba lebih berisi tentang kepentingan perluasan investasi dan pengusahaan pertambangan yang hal itu terlihat sejak aspek perencanaan. Dalam aspek perizinan dan pengusahaan, RUU Minerba ini juga mempermudah perizinan para pengusaha tambang. Hal ini tidak melindungi keselamatan rakyat, pembatasan ekspansi dan hak veto rakyat. Namun makin menguatkan Oligarki Tambang, melindungi korupsi, dan memberangus dengan cara mengkriminalkan rakyat,”ujarnya.





Erekso Hadiwijoyo sebagai pembicara kedua menjelasakan mengenai kawasan yang berpeluang untuk dijadikan lahan pertambangan.“Ada dua kawan yang dapat berpeluang dijadikan lahan pertambangan yaitu kawasan hutan dan non hutan,” ungkapnya. Kemudian Erekso juga menambahkan bahwa terdapat keanehan dalam pasal-pasal UU Minerba yang baru ini. “Bagi perusahaan yang memegang KK dan PK2B, dijamin melakukan pertambangan tanpa mengobrol dengan masyarakat sekitar dalam melakukan pertambangan. Dengan adanya kata-kata dijamin ini membuka peluang penambang tidak memerhatikan lagi lingkungan dan Kawasan hutan dan tentu saja hal ini tidak sesuai,” tambah Erekso.





Terakhir, pemaparan mengenai dampak UU Minerba yang di jelaskan oleh Arifsyah Nasution. Beliau mengungkapkan UU Minerba ini dapat mengancam lingkungan dan generasi yang akan datang. “Perampokan sumber daya yang terus menerus akan berdampak pada lingkungan dan generasi yang akan datang. Tanpa adanya aksi nyata dari pihak pemerintah dan korporasi, kedepanya ini akan terus membahayakan lingkungan dan akan mengancam generasi di masa depan.” tutup Arifsyah.





Notulensi lengkap Diskusi Online UU Minerba : https://bit.ly/NotulensiDiskonUUMinerba









Penulis: Dzaki Azhar





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.