(Sumber : Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed)

BEM Unsoed – Telah berlangsung agenda Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed 2021 Kabinet Baragia yaitu Forum BEM se-Banyumas Raya, yang diadakan dengan tujuan bersilaturahmi dan memperat hubungan serta mengadakan forum diskusi yang informatif, kolaboratif, dan transformatif dengan BEM yang berada di Karesidenan Banyumas. Kegiatan Forum BEM se-Banyumas Raya ini terlaksana sebanyak 6 kali dengan output pembentukan Aliansi BEM se-Banyumas Raya. Mubes aliansi dilaksanakan dan dibentuk pada tanggal 29 – 30 November 2021.

Anggota yang tergabung ke dalam Aliansi BEM se-Banyumas Raya di antaranya adalah Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Al-Irsyad Cilacap, Universitas Muhammadiyah Gombong, Universitas Peradaban, Universitas Wijaya Kusuma, Politeknik Negeri Cilacap, UIN SAIZU, AMIKOM Purwokerto, Universitas Bina Sarana Informatika Purwokerto STMIK Paguyangan, UMUS Brebes, Univ Putra Bangsa, IAINU Kebumen, dan UNU Purwokerto.

(Sumber : Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed)

Rangkaian agenda dalam Aliansi BEM se-Banyumas Raya yang dilaksanakan sebanyak 6 kali ini meliputi:

  • 24 Juni 2021 – Pertemuan pertama dengan BEM se-Purwokerto yang dilaksanakan di Akrab Coffee dalam rangka silaturahmi satu sama lain.
  • 9 Oktober 2021 – Pertemuan kedua dengan BEM se-Banyumas Raya yang dilaksanakan di Pucon Coffee dalam rangka silaturahmi BEM Se-Banyumas Raya.
  • 19 Oktober 2021 – Pertemuan ketiga dengan BEM se-Purwokerto yang dilaksanakan di Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP) dalam rangka konsolidasi pembentukan aliansi yang dihadiri oleh Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, UNWIKU, UIN SAIZU, ITTP, AMIKOM Purwokerto, UBSI Purwokerto, dan UNU Purwokerto.
  • 22 Oktober 2021 – Pertemuan keempat dengan BEM se-Purwokerto yang dilaksanakan di Warung Ciprut dalam rangka konsolidasi lanjutan pembentukan aliansi.
  • 30 Oktober 2021 – Pertemuan kelima dengan BEM se-Banyumas Raya yang dilaksanakan di UMP dalam rangka konsolidasi pembentukan aliansi.
  • 29-30 November 2021 – Pertemuan keenam dengan BEM se-Banyumas Raya yang dilaksanakan di UMP dalam rangka Mumbes Aliansi BEM Se-Banyumas Raya yang dihadiri oleh BEM se-Banyumas Raya dan terbentuknya Aliansi BEM se-Banyumas Raya.
(Sumber : Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed)

Musyawarah Besar Aliansi BEM se-Banyumas Raya membahas tata tertib, SOP, struktural aliansi dan juga penetapan anggota. Arah gerak aliansi berbentuk vertikal dan horizontal. Aliansi begerak dalam aspek sosial masyarakat dan kajian isu serta pengawalan kebijakan pemerintah. Hal ini yang akan dilakukan oleh aliansi untuk mengoptimalkan peran mahasiswa dan mengimplementasikan nilai- nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Aliansi BEM se-Banyumas Raya membentuk struktural kepengurusan inti yang di antaranya :

  • Koordinator Pusat : Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Koordinator Wilayah Banyumas : Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Koordinator Wilayah Cilacap : Universitas Al-Irsyad Cilacap
  • Koordinator Wilayah Kebumen : Universitas Muhammadiyah Gombong
  • Koordinator Wilayah Brebes : Universitas Peradaban
  • Koordinator Eskalasi Isu Politik : Universitas Jenderal Soedirman
  • Anggota Eskalasi Isu Politik: Universitas Wijaya Kusuma
  • Koordinator Pengabdian Masyarakat : Politeknik Negeri Cilacap
  • Anggota Pengadian Masyarakat : UIN Saizu
  • Koordinator Media : Universitas AMIKOM Purwokerto
  • Anggota Media : Universitas Bina Sarana Informatika Purwokerto

Mubes pertama juga menetapkan anggota tetap dan sementara. Anggota tetap adalah Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Al-Irsyad Cilacap, Universitas Muhammadiyah Gombong, Universitas Peradaban, Universitas Wijaya Kusuma, Politeknik Negeri Cilacap, UIN SAIZU, AMIKOM Purwokerto, dan Universitas Bina Sarana Informatika Purwokerto. Sedangkan untuk anggota sementara adalah STMIK Paguyangan, UMUS Brebes, Univ Putra Bangsa, IAINU Kebumen, UNU Purwokerto.


Penulis : Silvia Sulistiara

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *