Category: Press Release

NGEBATIK #1: Nonton Bareng dan Diskusi Film KINIPAN

Posted: 19 April 2021
Comments: 0


(Sumber: Kementerian Aksi dan Propaganda BEM UNSOED)




BEM UNSOED – Sabtu (17/04) Kementerian Aksi dan Propaganda BEM Unsoed telah melaksanakan program kerja NGEBATIK (Ngebahas Isu Tentang Politik) yang diawali dengan nonton bareng dan diskusi film KINIPAN.





Acara berlangsung secara online melalui Zoom Cloud Meeting dan offline di Pendopo PKM Unsoed dari pukul 14.00-17.30 WIB. Dimulai dengan menonton film KINIPAN kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama sutradara film KINIPAN yaitu Indra Jati dan dimoderatori oleh I Putu Arya Aditia Utama dari Kementerian Analisis dan Isu Strategis.





Nonton bareng dan diskusi film KINIPAN ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa mengenai isu-isu yang terjadi di Indonesia, serta memberikan motivasi agar mahasiswa bisa lebih sadar dan terdorong untuk peduli akan isu-isu yang sedang terjadi melalui film dokumenter KINIPAN.





Sesi Diskusi Bersama Indra Jati, Sutradara Film KINIPAN
(Sumber: Kementerian Aksi dan Propaganda BEM UNSOED)




Adapun rangkuman dari nonton bareng dan diskusi film KINIPAN adalah sebagai berikut :





Film Kinipan adalah film yang bertumbuh dan latar belakang dari adanya film ini adalah untuk membuka mata masyarakat dalam melihat suatu persoalan. Tidak hanya secara parsial tetapi juga secara komprehensif.





Proses screening film “Kinipan” dilaksanakan sampai lebih dari 10 kali dan melibatkan pihak luar untuk menonton film ini agar sesuai dengan tujuan awal pembuatan filmnya. Pada saat proses syuting memang tidak terdapat ancaman yang sampai menghambat jalannya syuting, tetapi ada saja beberapa ancaman kecil seperti penolakan dan perlawanan.





Pesan moral yang ingin disampaikan dari film “Kinipan” adalah bahwa negara ini sedang tidak baik-baik saja dan kita harus berani untuk bersuara dalam menegakkan keadilan.





Terdapat kendala terlambatnya pemutaran film karena menunggu para peserta untuk hadir dan adanya keterbatasan waktu dari Narasumber. Namun, secara keseluruhan acara nonton bareng dan diskusi berlangsung dengan lancar secara online di Zoom Meeting maupun secara offline di Pendopo PKM Unsoed. Selain itu para peserta juga cukup aktif dalam sesi diskusi tanya jawab.










Penulis : Kementerian Aksi dan Propaganda 


Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.