(Perwakilan BEM se-Unsoed dalam Rapat Besar Sospol)
Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda

BEM Unsoed – Telah dilaksanakan Rapat Besar Sospol se-Unsoed yang diselenggarakan di Gedung A ruang A203 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman dan aplikasi Zoom Meeting bagi delegasi tidak dapat hadir secara offline. Agenda yang diselenggarakan oleh Kementerian Aksi dan Propaganda BEM Unsoed ini, bertujuan untuk mematenkan kolaborasi, menghindari tumpang tindih isu serta mendinamisasi pergerakan mahasiswa Unsoed.

Rapat Besar Sospol se-Unsoed berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021 jam 10.00 – 21.30 WIB, dan hari Minggu tanggal 30 Mei 2021 jam 10.00 – 16.00 WIB. Melibatkan beberapa pihak di antaranya: BEM Unsoed, BEM KBMIK, BEM FH, BEM FK, BEM FPIK, BEM FEB, BEM FAPET, BEM FMIPA, dan BEM FT.

Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda

Agenda ini diawali dengan pembukaan oleh MC serta menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars Mahasiswa Totalitas Perjuangan”. Kemudian penyampaian sambutan dari Presiden BEM Unsoed, Fakhrul Firdausi. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemilihan presidium. Namun, forum lebih menginginkan memakai moderator sebagai pemimpin rapat, agar Rapat Besar Sospol se-Unsoed berjalan dengan lebih fleksibel.

Usai terpilihnya moderator Rapat Besar Sospol se-Unsoed, setiap BEM Fakultas dan BEM Unsoed memaparkan mini grand design fokusan isu masing-masing. Setelah pemaparan mini grand design, agenda dilanjut dengan diskusi fokusan isu, sekaligus pembahasan tentang arah gerakan sebagai output, yang menenentukan akan dibawa ke mana pergerakan mahasiswa Unsoed nantinya.

(Pemaparan Mini Grand Design)
Sumber : Kementerian Aksi dan Proganda

Pada akhir diskusi, terdapat pembahasan terkait kesepakatan gerak BEM se-Unsoed dan terumuskanlah butir-butir kesepakatan yang menjadi Komitmen Gerak Kolaboratif. Sebagai tanda bukti kebersediaan, BEM yang hadir diminta untuk menandatangani surat kesepakatan untuk bergerak bersama. Terdapat 8 organisasi yang sepakat untuk membentuk gerakan kolabiratif di antaranya BEM Unsoed, BEM KBMIK, BEM FK, BEM FPIK, BEM FEB, BEM FAPET, BEM FMIPA serta BEM FT, dan ada satu lembaga yang tidak bersedia menandatangani kesepakatan gerakan kolaboratif yaitu BEM FH.

(Surat Komitmen Gerakan Kolaboratif)
Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda

Harapannya Gerakan Kolaboratif ini, dapat menjadi gerakan untuk saling berkoordinasi dan saling membersamai bagi seluruh BEM yang tergabung. Juga bertujuan dalam mengawal isu yang ada, dan tidak terbatasi dalam fokusan isu karena bentuk gerakannya fleksibel dan tidak birokratis.


Penulis : Kementerian Aksi dan Propaganda

Bagikan