Pelaksanaan Soedirman Student Summit 2022 di Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed. (Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

BEM Unsoed — Setelah dua tahun dilaksanakan secara daring akibat adanya pandemi Covid-19, Soedirman Student Summit (S3) tahun ini akhirnya digelar penuh secara luring.

Soedirman Student Summit (S3) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (BEM Unsoed) yang berupa orientasi dan pengenalan kampus untuk menyambut mahasiswa baru di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman.

S3 tahun 2022 memilih “Eksplorasi Pemuda” sebagai tema besar. Tema ini mengacu pada perkembangan diri mahasiswa dalam menemukan jati dirinya masing-masing dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya sehingga mahasiswa dapat mengenali dirinya sendiri secara baik untuk dapat berproses dalam perjalanan dalam hidupnya.

Tidak hanya sekadar pengenalan, S3 juga menjadi wadah pembekalan terkait kehidupan serta kegiatan kampus secara inklusif, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik kepada mahasiswa/i baru Unsoed 2022.

Acara yang diselenggarakan pada hari Senin – Selasa, 8-9 Agustus 2022, memiliki judul “JATHAYU SAMARA” yang merupakan akronim dari “Jong pAtut Tumbuh BercahAYa Untuk SemArak MembAngun RenjAna”. “JATHAYU SAMARA” dipilih sebagai judul S3 tahun ini karena memiliki makna bahwa sebagai generasi muda harus tumbuh bersinar dan bersemangat dalam membangun passion dan mengejar impian mereka.

Selain judul kegiatan yang mengandung makna positif, S3 2022 juga mengangkat dua nilai utama, yaitu nilai aktualisasi diri dan nilai kebudiluhuran.

Nilai aktualisasi diri, bermakna sebagai puncak kedewasaan dan kematangan seseorang. Hal ini ditandai dengan bagaimana seseorang bisa menyadari dan memanfaatkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup. Adanya nilai aktualisasi diri bertujuan untuk meningkatkan semangat Generasi Soedirman (Gensoed) dalam menggali berbagai potensi sehingga dapat mengaktualisasikan diri dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar, khususnya di Universitas Jenderal Soedirman.

(Sumber : Kementerian
Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Nilai kedua, nilai kebudiluhuran ini berasal dari kata “budi” yang artinya upaya, tabiat atau kelengkapan kesadaran manusia dan “luhur” yang berarti tinggi atau mulia. ”Budi” juga berarti kesadaran tinggi berisikan cahaya Ketuhanan yang memberikan sinar terang.

Adapun ”luhur” terkandung pesan sikap mental dan nilai yang mengandung kebaikan dan hal terpuji. Sehingga budi luhur dapat diartikan sebagai hasil kesadaran menuju pada kemuliaan hati. Adanya nilai ini bertujuan untuk menciptakan Generasi Soedirman yang memiliki nilai keluhuran dalam bersikap, bertindak, dan berperilaku, baik di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman maupun di lingkungan lainnya.

Salah satu peserta S3 2022 dalam sesi Gensoed Talk’s (Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Rangkaian acara S3 2022 terbagi menjadi dua hari. Seluruhnya bertempat di Graha Widyatama Prof. Rubijanto Misman Unsoed serta disiarkan secara Live Streaming di YouTube BEM Unsoed.

Di hari pertama terdapat kuliah umum yang diisi oleh tokoh pemuda Indonesia, yaitu Michael Reza Say, selaku Vice President of Public Affairs PT. Gojek Indonesia. Beliau membawakan materi “How Self Development & Personal Branding Can Get You Ahead in College Life”.

Kemudian Opening Ceremony dari Soedirman Student Summit 2022, dibuka dengan penampilan spesial dari Grup Kenthongan “Natural Tone” dan persembahan parade panitia.

Dilanjutkan dengan sambutan spesial dari Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., wirausahawan dan juga politikus Indonesia, serta Ir. Achmad Husein, Bupati Kabupaten Banyumas.

Sambutan oleh Najwa Dyah Nur A. sebagai Project Officer S3 2022, dan sambutan dari Alfan Maulana Akbar, Presiden BEM Unsoed 2022 turut membuka acara. Kemudian, Parade BEM Universitas Jenderal Soedirman sekaligus speech motivation oleh Presiden BEM.

Setelah itu parade dan expo fakultas untuk mengenalkan dua belas fakultas yang ada di Universitas Jenderal Soedirman kepada mahasiswa baru. Rangkaian acara pada hari pertama ditutup dengan parade dan expo paguyuban daerah.

(Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Pada hari kedua, Soedirman Student Summit 2022 mengadakan agenda Gensoed Talk’s dengan tema “Humanity Crisis and How Attitude Can Solve it”. Najwa Shihab,  seorang jurnalis, tuan rumah mata najwa, dan juga pendiri “Narasi”, merupakan pembicara Gensoed Talk’s kali ini.

Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H., M.I.P.i, turut hadir secara langsung pada hari kedua ini. Dalam kesempatan tersebut, Pak Ganjar menyapa mahasiswa baru dan memberikan beberapa materi sembari berdialog dengan mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedriman 2022.

Acara dilanjutkan dengan parade dan expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) agar mahasiswa baru dapat mengetahui dan menyalurkan minat dan bakatnya untuk mengikuti UKM yang ada di Universitas Jenderal Soedriman. Terdapat juga pertunjukkan teater yang dipersembahkan oleh BEM Unsoed, serta The Greatest Show by Gensoed yang merupakan penampilan dari Generasi Soedirman yang memiliki bakat seperti menyanyi, menari, musikalisasi puisi, dan memaikan alat musik, yang berlanjut pada agenda penghargaan kepada mahasiswa baru (Gensoed Award).

Oomleo sebagai Bintang Tamu S3 2022
(Sumber : Kementerian Sumber Daya Pengembangan Mahasiswa)

Soedirman Student Summit 2022 ditutup dengan closing ceremony dan penampilan oleh Oomleo sebagai bintang tamu.

Foto Bersama Panitia S3 2022
(Sumber : Kementerian Sumber Daya Pengembangan Mahasiswa)


Penulis : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Editor : Ardi Eka

Bagikan