Kembali lagi nih Sobat Gensoed! Tak terasa sudah bertemu lagi dengan berita-berita terhangat minggu ini yang pastinya gak kalah update dengan Weekly Report sebelumnya. Mau tau lebih lanjut ada apa dalam minggu ini? Yuk disimak~ 

UTS Pertama Bagi Angkatan 23, Bagaimana Kesan Pertamanya?

(Sumber: Tokopedia)

Wahh gak kerasa yaa udah UTS lagi nih, terlebih ini juga merupakan pengalaman ujian semester pertama bagi para maba 2023. Ujian Tengah Semester (UTS) ini dilaksanakan sejak 2 Oktober 2023. Ke-hectic-an mahasiswa dalam menyambut UTS ini sudah terasa sejak seminggu sebelum UTS dilaksanakan.

Wahh, kira-kira persiapan apa aja nih yang dilakukan untuk menyambut UTS?

Persiapan menuju UTS tak lain seperti mencari soal-soal ujian tahun lalu dari kakak tingkat untuk panduan belajar, bertanya kepada dosen terkait materi yang akan keluar di UTS nantinya, dan mulai merangkum materi dari dosen agar lebih ringkas dalam memahami materi. Tapi, tak banyak juga mahasiswa yang terlihat santai dalam menghadapi UTS kali ini.

Duh, kalau hasilnya jelek gimana yaa?

Tenang saja Sobat Gensoed, tidak perlu risau terkait nilai, yang penting kalian sudah berusaha yang terbaik untuk UTS kali ini. Semoga kita nanti mendapatkan hasil yang memuaskan di semua mata kuliah semester ini yaa!!


Pengguna Shopee Tak Lagi Bisa Berbelanja dari Lapak Luar Negeri

(Sumber: KrASIA)

Per tanggal 4 Oktober lalu, Shopee Indonesia memblokir seluruh lapak penjualan dari luar negeri. Hal ini terkait dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, hasil revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Wahh, gabisa belanja dari toko luar negeri lagi nih?

Yupp, dengan berlakunya kebijakan ini, Shopee membatasi kegiatan impor barang di Shopee yang disinyalir dapat perlahan menghancurkan UMKM di Indonesia. Namun, pedagang di Indonesia masih tetap dapat mengekspor barang dagangannya ke luar negeri.

Pada kenyataannya, masyarakat Indonesia kini lebih tertarik membeli barang dari luar negeri yang memang memiliki harga lebih murah. Namun, fakta tersebut dapat berdampak buruk pada UMKM lokal yang menjadi sepi peminat.


Euforia Mahasiswa Unsoed Merayakan Hari Batik

(Sumber: Kompas.com)

Sobat Gensoed pasti pernah pakai batik dongg! Mengenal lebih dalam, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO pada 2009 sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi, dengan predikat Intangible Cultural Heritage of Humanity. Melalui keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, Hari Batik Nasional telah ditetapkan setiap tanggal 2 Oktober 2023.

Terus, gimana nih cara kita merayakan Hari Batik Nasional?

Nah, Hari Batik Nasional ini mengundang banyak antusias mahasiswa Unsoed untuk mengenakan dresscode batik saat pertemuan berlangsung di kampus lho! Bahkan beberapa fakultas mewajibkan mengenakan pakaian batik dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional. Dengan makna batik yang menunjukkan kolektivitas dan kebersamaan, tidak ada lagi pembeda kelas sosial antara kaya dan miskin.

Melalui pengakuan UNESCO, batik telah menjadi identitas bangsa Indonesia dan kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat merawat warisan budaya ini dengan memupuk kepercayaan diri dan menormalisasi pemakaian batik dalam kehidupan sehari-hari kita.

So, gimana Sobat Gensoed, Bangga bangett gak sih dengan batik khas Indonesia ini??


Penulis: Shakila Jasmine & Adelia Leony Andriati

Bagikan
61 thoughts on “Weekly Report #29”
  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you
    relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why throw
    away your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something informative to read?

  2. Awesome site you have here but I was wondering if you knew of any message boards that cover the same topics
    talked about in this article? I’d really like to be
    a part of community where I can get suggestions from
    other experienced individuals that share the same interest.
    If you have any suggestions, please let me know.
    Appreciate it!

  3. I blog quite often and I seriously appreciate your information. This great article has really peaked my
    interest. I am going to bookmark your site and keep checking for
    new details about once a week. I opted in for your Feed too.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *