(Sumber: Kementerian Penelitian dan Keilmuan)

BEM Unsoed – Telah berlangsung salah satu program kerja Kementerian Penelitian dan Keilmuan, yaitu Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan tema: “Wujudkan Generasi Cerdas Indonesia dengan Terampil Menulis KTI Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Workshop yang membahas seputar KTI, pengalaman, motivasi, saran, dan trik dari mahasiswa yang sering menjuarai berbagai kompetisi di bidang kepenulisan dengan menggunakan sistem diskusi panel.

Kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini diselenggarakan pada Sabtu, 16 September 2023 secara daring melalui platfrom Zoom Meeting. Pembicara dalam Workshop ini adalah Ilham Muhammad, yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Utama Nasional 2022. Dengan kehadirannya, workshop ini berjalan dengan santai namun tetap mempertahankan tujuan utama dari penyelenggaraan workshop KTI ini.

            Acara tersebut juga dihadiri oleh Muhammad Mush’ab sebagai Wakil Presiden BEM Unsoed 2023 sekaligus sebagai pembukaan acara. Setelah pembukaan dan sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi seputar Karya Tulis Ilmiah (KTI) kemudian sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada pembicara.

Melalui Workshop ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami kepenulisan ilmiah dan meningkatkan kualitas serta motivasi dalam menulis ilmiah terutama dalam bidang KTI, Menumbuhkan minat dan motivasi mahasiswa mengenai KTI Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa mengenai KTI, Mendorong mahasiswa untuk berprestasi di kategori KTI. Workshop KTI akan dilanjutkan dengan proses mentoring melalui Whatsapp Group dan Google Meet. Peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok untuk bisa menghasilkan KTI.

(Sumber: Kementerian Penelitian dan Keilmuan)

Mentoring Karya Tulis Ilmiah ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan dan dibagi menjadi dua bidang yaitu bidang saintek diikuti oleh 20 orang dan bidang soshum diikuti oleh 19 orang. Masing-masing bidang didampingi oleh seorang mentor, mentor untuk bidang Saintek yaitu Dea Mudrikah dan mentor untuk bidang Soshum yaitu Chika Agustin Darmawan.    Dalam empat kali pertemuan mentoring Karya Tulis Ilmiah, pelaksanaanya dilakukan sebanyak dua kali melalui google meet, sedangkan dua kali pertemuan lainnya dilaksanakan secara offline yang mana disetiap kali pertemuan terdapat penugasan yang diberikan oleh masing-masing mentor. Penugasan yang diberikan memiliki tujuan mampu melatih keterampilan peserta dalam menulis KTI secara aplikatif dan mampu mengukur seberapa jauh pemahaman peserta terkait materi yang sudah diberikan selama mentoring berjalan.  Dalam pelaksanaan mentoring KTI kali ini, diambil dua peserta terbaik dengan kategori Peserta Terbaik Pelatihan Kepenulisan KTI yang diraih oleh Ananda Choirunnisa’ Fadilla Fajar dan kategori Pemenang Outline KTI Terbaik diraih oleh Ananda Nur Syafika. Yang mana kegiatan Awarding sekaligus penutupan serangkaian Workshop KTI dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 pukul 19.00 WIB via zoom meeting.


Penulis: Kementerian Penelitian dan Keilmuan

Editor: Magdalena Rohmannawati

Bagikan
96 thoughts on “Workshop Karya Tulis Ilmiah 2023”
  1. I like what you guys are up also. Such clever work and reporting! Carry on the excellent works guys I¦ve incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my site 🙂

  2. We are a bunch of volunteers and starting a brand new scheme in our community. Your website provided us with valuable info to work on. You’ve performed an impressive task and our whole neighborhood will probably be grateful to you.

  3. I?¦ve been exploring for a little for any high-quality articles or weblog posts in this kind of space . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website. Reading this information So i?¦m satisfied to express that I have an incredibly just right uncanny feeling I found out just what I needed. I most undoubtedly will make certain to don?¦t forget this web site and provides it a glance regularly.

  4. Pretty element of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts. Any way I’ll be subscribing on your augment or even I achievement you access persistently quickly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *