(Sumber : Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed)

BEM Unsoed – Telah berlangsung Kegiatan Brain Gain yang merupakan salah satu program kerja Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed 2021 dengan melibatkan mahasiswa asing yang sedang menempuh pendidikan di Unsoed untuk dapat mengabdi secara langsung kepada masyarakat lokal serta memperoleh pengetahuan seluas – luasnya mengenai kearifan dan kebudayaan masyarakat daerah khususnya Banyumas. Selain itu, dalam melakukan kegiatannya mereka akan didampingi oleh volunteer (di luar pengurus BEM Unsoed) untuk dapat saling berinteraksi dan bertukar budaya.

Brain Gain diselenggarakan dengan tujuan untuk:

  1. Memperkenalkan kebudayaan yang ada di Banyumas dan sekitarnya kepada mahasiswa asing,    
  2. Memberikan sarana kepada mahasiswa asing untuk berinteraksi dengan mahasiswa Unsoed agar mereka dapat saling bertukar kebudayaan yang dimiliki masing-masing.
  3. Memberikan kebermanfaatan kepada mahasiswa Unsoed agar dapat lebih banyak belajar langsung dari mahasiswa asing serta menambah pengalaman.

Brain Gain 2021 berlangsung selama 3 hari, yaitu pada Minggu (21/11), Sabtu (27/11), dan Minggu (28/11), dengan rangkaian agenda meliputi:

  • D-1: Opening ceremony, mengajar di TPQ Talang Tirta, dan pembuatan gembus di Desa Mandirancan.
  • D-2: Pembuatan jenang jaket di Meris, pembuatan Tenun Lurik Banyumas di Kampung Tenun Lurik Banyumasan Kemranjen, dan di Pantai Widarapayung Cilacap.
  • D-3: Festival budaya dan closing ceremony di Desa Mandirancan.

Kegiatan Brain Gain dapat terlaksana dengan lancar dan dapat berjalan dengan baik secara keseluruhan sejak hari pertama berlangsung hingga penutupan di hari terakhir. Namun, ada beberapa hambatan di luar kendali, yaitu cuaca hujan yang kurang mendukung dalam berlangsungnya acara.


Penulis : Silvia Sulistiara

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *