Category: Press Release

Kunjungan BEM Unsoed ke Sejumlah Alumni dan NGO di Jakarta

Posted: 30 Maret 2021
Comments: 0


BEM Unsoed mengunjungi NGO Lokataru (23/03).
(Sumber : Kementerian Luar Negeri)




BEM UNSOED - Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Aksi dan Propaganda BEM Unsoed telah menyambangi sejumlah alumni dan NGO (Non-Govermental Organization) di Jakarta pada 22-24 Maret 2021. Agenda ini merupakan salah satu dari program kerja BEM Unsoed 2021 untuk membangun silaturahmi, kolaborasi, dan menebarkan kebermanfaatan serta memajukan Unsoed, melalui hubungan erat yang terjalin dengan para alumninya.





Adapun hal-hal yang didiskusikan dalam kunjungan ini yaitu sebagai berikut :





Pak Atang Triyadi (Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1986) dan Pak Arif (Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1987)









Aspirasi yang dibicarakan dalam kunjungan ini berkaitan dengan keinginan dari pihak alumni untuk membentuk suatu ikatan alumni yang kuat. Ikatan alumni dapat dimulai dari satuan alumni jurusan, dilanjutkan ke tingkat fakultas, lalu universitas. Para alumni berharap bahwa wadah ikatan alumni dapat menjembatani mereka untuk lebih berperan aktif dalam membantu mahasiswa dan pihak Unsoed.





Pak Ma’ruf Cahyono selaku Sekretaris Jenderal MPR RI dan Wakil Ketua Umum IKA Unsoed (Alumni Fakultas Hukum 1986)









Kepemimpinan dan semangat juang beliau merantau di usia muda dari Purwokerto ke Jakarta menjadi hal yang didiskusikan pada kunjungan ini. Kecerdasan emosional dan spiritual itu perlu dibentuk untuk bisa memimpin dan memahami kondisi nyata organisasi serta lingkungan sekitar. Kecerdasan emosi menjadi salah satu instrumen penting bagi seorang pemimpin untuk memecahkan problematika organisasi dan meraih tujuan yang telah direncanakan. Pak Maruf berharap, silaturahmi dan berkolaborasi dengan alumni selalu dilakukan bahkan ditingkatkan.





Pak Arif Mulyadi selaku Direktur Utama PNM dan Ketua Harian IKA UNSOED (Alumni Fakultas Biologi 1987)









BEM Unsoed 2021 mengunjungi Pak Arif Mulyani untuk bersilaturahmi dan mendiskusikan terkait perbedaan sistem dan budaya organisasi dari tahun lalu dan sekarang. Banyak perubahan terjadi, tetapi yang tidak pernah berubah yaitu semangat untuk membawa berbagai kebaikan bagi bangsa. Mengenai peran alumni dalam kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, bahwasanya sangat bagus dalam menghadirkan jurnalis-jurnalis untuk bersilaturahmi dan berdiskusi yang dikolaborasikan dengan alumni dan elemen organisasi yang ada di Unsoed, khususnya BEM Unsoed 2021. Pak Arif berharap bahwa silaturahmi BEM Unsoed dan alumni tidak hanya sekali atau dua kali saja, tetapi bisa berkelanjutan sehingga memunculkan sinergi dan kolaborasi dalam bentuk apapun demi Unsoed yang lebih baik.





NGO Indonesia Corruption Watch (ICW)










Hal utama yang didiskusikan pada kunjungan kali ini yaitu menganai isu korupsi. Perwakilan BEM Unsoed dan NGO Indonesia Corruption Watch membicarakan mengenai pemenuhan bagi korban korupsi bantuan sosial (bansos) yang belum pernah mendapatkan restitusi dan juga terkait revisi UU KPK yang masih sangat mengurangi independensi dari KPK sendiri. ICW dan BEM Unsoed akan melakukan pengawalan bersama dalam menyelesaikan dan pengawalan terkait permasalahan korupsi yang sangat rentan terjadi di Indonesia. Diskusi ini akan menjadi suatu masukan untuk BEM Unsoed 2021 agar tetap bergerak dan mengawal isu pers.





NGO Imparsial dan Pamflet Generasi









BEM Unsoed dan NGO Imparsial melakukan diskusi mengenai Reformasi Sektor Keamanan yang masih belum terealisasikan sampai saat ini. Selain itu, BEM Unsoed dan Imparsial berserta Pamflet Generasi juga akan bersama-sama mengawal isu represifitas aparat dan Reformasi Sektor Keamanan.





NGO Kontras









BEM Unsoed dan NGO Kontras melakukan diskusi terkait pelanggaran HAM, kebebasan beragama yang belum terbenahi sampai saat ini oleh pemerintah, serta menjelaskan beberapa program Kontras yang dikerjakan dalam masa pandemi ini. Kedepannya, BEM Unsoed dan Kontras akan melakukan pengawalan bersama terkait masalah HAM yang ada di Indonesia, khususnya di Banyumas.





NGO Lokataru





Diskusi dengan NGO Lokataru membahas kebebasan berpendapat dan pelanggaran HAM di masa pandemi yang masih terjadi di Indonesia. BEM Unsoed dan Lokataru akan bersama-sama mengawal isu kebebasan berpendapat dan pelanggaran HAM di masa pandemi ini.





Secara keseluruhan, agenda kunjungan BEM Unsoed ke sejumlah alumni dan NGO di Jakarta ini berjalan dengan lancar. Proses kunjungan dan diskusi pun dilakukan dengan tetap menerapkan berbagai protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan juga menjaga jarak.











Penulis : Muhammad Ihtisamuddin dan Muhammad Dika Ghifari Mulya





Editor : Ammatulloh Nur Bhaety dan Sevia Ayu Diniati


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.