Category: Press Release

Nobar x Soeara Resah : Melawan Monster Oligarki "Demi 1% : Karpet Merah Oligarki"

Posted: 18 Oktober 2021
Comments: 0


(Sumber : Kementerian Analisis Isu Strategis)





BEM Unsoed – Kamis (14/10) telah berlangsung Nobar x Soeara Resah, baik secara luring yang bertempat di Pendopo PKM Unsoed, dan secara daring via Zoom Meeting. Acara ini diprakarsai oleh Kementerian Analisis Isu Strategis dengan mengundang seluruh anggota KBMU, dan masyarakat umum, guna memperingati satu tahun UU Cipta Kerja atau Omnibus Law, sekaligus mengkritisi implementasinya karena pada perjalanannya telah banyak merugikan pihak, khususnya kaum buruh.





Adapun tujuan lain dari acara ini, yaitu memberi gambaran terkait satu tahun perjalanan UU Cipta Kerja beserta dampak-dampak yang ditimbulkan bagi banyak pihak, menampung aspirasi dari KBMU mengenai polemik dan perdebatan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law, dan membahas eskalasi gerakan mahasiswa Unsoed dalam menyikapi keberadaan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law ke depannya.





(Sumber : Kementerian Analisi Isu Strategis)




Acara ini, diawali dengan pemutaran film dokumenter berjudul “Demi 1% : Karpet Merah Oligarki”, garapan Watchdoc Documentary, bersama Greenpeace Indonesia, Fraksi Rakyat Indonesia (FR). Film tersebut menceritakan tentang perjalanan UU No. 11 Tahun 2020 Cipta Kerja sebagai buah dari konsolidasi antara pemerintah dengan oligarki.  Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi aktif yang dihadiri oleh bapak Ahmad Sabiq, M.A. selaku dosen FISIP Unsoed sebagai pemantik diskusi. Diskusi tersebut membahas mengenai satu tahun perjalanan Omnibus Law dan rentetan panjang kerugian yang ditimbulkan. Selain itu, dalam Soeara Resah juga dibahas mengenai aspirasi dari Keluarga Besar Mahasiswa Unsoed (KBMU). Secara keseluruhan, acara ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat peserta yang pasif, dan kurangnya atensi peserta yang hadir.










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy






Tags: , , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.