Category: Press Release

Penyerahan Donasi "Bakti Kami Untuk Para Pejuang"

Posted: 29 September 2020
Comments: 0






BEM Unsoed - Kegiatan penerimaan mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman, Soedirman Student Summit (S3) 2020, menyelenggarakan agenda berupa pembukaan donasi melalui platform Kitabisa.com. Donasi dengan tajuk "Bakti Kami Untuk Para Pejuang" ini diberikan kepada Yayasan Sahabat Veteran yang menaungi para veteran di Indonesia. Selain untuk menyemarakkan penerimaan mahasiswa baru, donasi ini juga bertujuan untuk mengenang jasa para veteran dalam rangka kemerdekaan Indonesia ke-75 dan Hari Veteran yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.





Donasi "Bakti Kami Untuk Para Pejuang" dibuka selama tiga minggu tehitung dari tanggal 16 Agustus-8 September 2020. Selama tiga minggu itu, didapatkan nominal sebesar Rp4.500.000,00. Hasil donasi kemudian diserahkan kepada Yayasan Sahabat Veteran pada Selasa (22/09) lalu.





Gelaran donasi tidak terlepas dari peran dan kontribusi antara BEM Unsoed, Yayasan Sahabat Veteran, Kitabisa.com, LVRI (Legium Veteran Republic Indonesia) Banyumas, dan seluruh mahasiswa baru Unsoed 2020.





Teknis pelaksanaan donasi awalnya dilakukan dengan penyebaran informasi melalui media sosial. Seluruh peserta dan panitia S3 menyebarkan pamflet “Donasi Bakti Kami untuk Pejuang” melalui akun Instagram dan Twitter selama masa pembukaan donasi. Seluruh dana yang terkumpul dari Kitabisa.com tersebut kemudian diberikan kepada yayasan untuk membantu veteran Indonesia yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia.





Donasi yang diberikan kepada yayasan kemudian akan disalurkan untuk membantu kegiatan-kegiatan sosial, beasiswa untuk anak veteran, pembagian sembako, dan sebagainya. Sesuai dengan program tahunan yang dilaksanakan oleh Yayasan Sahabat Veteran itu sendiri.





Dengan diselenggarakannya donasi untuk veteran ini, diharapkan mahasiswa baru dapat lebih menghidupkan kembali jiwa sosial yang ada dalam diri mereka. Salah satunya yaitu dengan membantu sesama dimulai dari langkah kecil yang tetap berharga bagi penerimanya. Selain itu, donasi ini juga merupakan bentuk penghargaan terhadap veteran Indonesia yang jasanya seringkali terlupakan pada masa kini.





“Harapan kami dengan dilaksanakanya donasi 'Bakti Kami Untuk Para Pejuang' ini adalah untuk meningkatkan jiwa sosial mahasiswa baru melalui kegiatan sosial galang dana. [Momentum ini] bertepatan dengan Hari Veteran Nasional yaitu 10 Agustus dan tidak banyak yang tahu perihal peringatan tersebut. Begitu pula dengan veteran yang jasanya mulai terlupakan. Jadi, donasi ini juga sebagai momentum untuk kita mengingat Hari Veteran dan jasa veteran Indonesia,” tutur Resti selaku Steering Commitee S3 2020.










Penulis: Aulia Mulan Santika





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.