Category: Press Release

Scholarship Talks #4: Amerika dan Jerman

Posted: 13 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: Kementerian Luar Negeri




BEM Unsoed- Berkesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri pasti akan menjadi salah satu pengalaman terbaik dalam kehidupan. Akan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari pengalaman ini yang mengasah kemampuan, pengetahuan, dan pola pikir. Negara-negara favorit yang menjadi tujuan untuk melanjutkan studi di luar negeri diantaranya adalah Amerika dan Jerman.





Senin (10/8) lalu, telah diselenggarakan Scholarship Talks #4 dengan mengundang alumni Universitas Jenderal Soedirman yang berkesempatan untuk melanjutkan studi di Amerika dan Jerman. Scholarship Talks merupakan agenda kerjasama International Relation Office (IRO) Unsoed dengan Kementrian Luar Negeri BEM Unsoed 2020 dalam rangka membahas pendidikan di luar negeri beserta beasiswanya selama 5 minggu berturut-turut.





Scholarship Talks #4 menghadirkan dua pembicara, yaitu Nutriyeni K. Bintarsari (Rutgers University, Amerika) dan Retno Widyastuti (Bonn University, Jerman) dan dimoderatori oleh Kartika Candra. M (Hubungan Internasional, Unsoed).





Sumber: Kementerian Luar Negeri




Talkshow ini berlangsung pukul 15.30 – 17.40 WIB secara online melalui Zoom Meeting. Secara keseluruhan, acara berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun dengan rangkaian acara yang diawali dengan perkenalan dan pembacaan CV, dilanjutkan dengan pemaparan persentasi dari kedua pembicara mengenai studi luar negeri, dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta diskusi mengenai pendidikan dan kesempatan beasiswa di Amerika dan Jerman.





Tujuan diselenggarakannya agenda tersebut adalah untuk membahas dan berbagi informasi terkait kehidupan kampus di luar negeri. Hal ini juga meliputi berbagai pembahasan lainnya yang berubungan dengan bagaimana cara kita mendapatkan beasiswa luar negeri, salah satunya adalah pembahasan mengenai tantangan yang akan ditempuh.





Tantangan yang akan dihadapi sebelum dan selama menempuh studi di luar negeri meliputi kesiapan-kesiapan masing-masing individu mahasiswa Indonesia sendiri. Kesiapan mental, administrasi, bahasa, birokrasi, finansial, serta perizinan merupakan berbagai materi yang dibahas pada acara Scholarship Talks #4 yang tentunya sangat berguna sebagai wawasan serta informasi bagi peserta.





Melalui Scholarship Talks ini, harapannya mahasiswa/i Universitas Jenderal Soedirman dapat terus termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam hal ini di luar negeri.










Penulis: Ayu Sulistiara





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.