Category: Press Release

Pembukaan Simposium Internasional PPI Dunia ke-12: “Peran Generasi Muda dalam Kebangkitan Nasional Pasca Pandemi Covid-19”

Posted: 16 Agustus 2020
Comments: 0


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.




BEM Unsoed- Hampir segala bidang pilar kehidupan saat ini mengalami ketidakstabilan akibat pandemi, sehingga peran generasi muda sangat dibutuhkan dalam membangun kembali Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik. Oleh karena itu, digelarlah Simposium Internasional PPI Dunia ke-12 yang dilaksanakan pada 15-30 Agustus 2020. Simposium ini merupakan simposium PPI Dunia pertama yang diselenggarakan secara online.





Walaupun diselenggarakan secara online, Simposium PPI Dunia 2020 tidak kalah ramai karena dihadiri oleh delegasi perhimpunan pelajar Indonesia dari 57 negara, delegasi pelajar Indonesia dalam negeri, delegasi organisasi pemuda di Indonesia, perwakilan alumni PPI, perwakilan pemerintah Indonesia, dan perwakilan media partner. BEM Unsoed 2020 menjadi salah satu pihak yang menghadiri simposium ini secara langsung, karena merupakan salah satu delegasi orgasinasi pemuda di Indonesia yang diundang oleh PPI Dunia.





Agenda Simposium ini dilaksanakan dengan tujuan untuk:





  1. Mengumpulkan ide inovatif dan berkelanjutan untuk menyelesaikan permasalahan bangsa.
  2. Untuk memilih koordinator PPI Dunia 2020-2021.
  3. Untuk membentuk susunan Dewan Presidium PPI Dunia 2020-2021.
  4. Untuk memilih tuan rumah Simposium Internasional PPI Dunia 2021.
  5. Evaluasi dan refleksi program kerja PPI Dunia 2019-2020.




Grand Opening simposium digelar pada Sabtu (15/8) dengan menghadirkan 3 pembicara yang kompeten di bidangnya, yakni Menko Bidang Perekonomian RI, Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartanto, M.B.A., M.M.T., Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Muhajir Effendy, S.Pd., M.A.P., dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.





Pembukaan berjalan lancar dan diselenggarakan melalui Zoom dan live YouTube. Mengusung topik mengenai “Peran Generasi Muda dalam Kebangkitan Nasional Pasca Pandemi Covid-19”, pembahasan pembukaan simposium mengarah pada isu dan bidang-bidang penting seperti sosial budaya, pendidikan, ekonomi, pangan, dan teknologi.





Pada pembukaan acara kali ini ketiga pembicara membahas tentang tema yang telah dicetuskan pada sesi pertama dengan perspektif sesuai bidangnya masing-masing. Muhajjir Effendy membahas mengenai birokrasi serta sistem jalannya kementerian dalam mengatasi mahasiswa Indonesia yang berkuliah di kuar negeri. Nadiem Makarim mengutarakan bahwa pelajar yang sedang berproses di luar negeri mempunyai pola pikir yang lebih maju seperti do something, learn something and start something new serta aktif develop network, dan menjelaskan bahwasanya enterpreneur tidak hanya melulu tentang bisnis saja.





Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto.




Simposium akan resmi dibuka oleh Presiden Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo pada 17 Agustus esok hari. Rangkaian acara akan dilanjutkan dengan timeline sebagai berikut:





  1. Upacara online: 17 Agustus 2020
  2. Simposium Internasional: 18-21 Agustus 2020
  3. Kongres internasional: 22 Agustus 2020
  4. Sidang Komisi: 24-27 Agustus 2020
  5. Closing: 30 Agustus 2020









Penulis: Fauziah Nur Fitriani





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.