(Sumber: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

BEM Unsoed – Telah dilaksanakan School of Leadership Organization (SOLO) penuh secara luring. Acara ini diikuti oleh 106 mahasiswa aktif Universitas Jenderal Soedirman peserta Circle Organization, 228  peserta talkshow dan 62 panitia School of Leadership Organization (SOLO) 2023.

School of Leadership Organization (SOLO) merupakan kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa Unsoed untuk meningkatkan potensi dan kontribusi dalam sebuah organisasi di tingkat Universitas dan dikemas melalui rangkaian SOLO yang terdiri dari Circle Organization, talkshow dan wisuda. Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk melatih jiwa profesionalitas dan kekeluargaan melalui gaya kepemimpinan transaksional.

School of Leadership Organization (SOLO) 2023 diselenggarakan untuk meningkatkan potensi, pemahaman serta kontribusi mahasiswa dalam organisasi. Sekolah kepemimpinan SOLO meliputi rangkaian kegiatan berupa Circle Organization yang bertujuan untuk melatih jiwa profesionalitas dan kekeluargaan melalui gaya kepemimpinan transaksional, adapula Talkshow yang bertujuan untuk membahas bagaimana cara efektif untuk mengelola diri sendiri sebelum nantinya terjun langsung untuk memimpin orang lain. Selain itu diselenggarakan pula prosesi wisuda dan awarding sebagai ajang apresiasi bagi seluruh peserta SOLO yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara SOLO 2023. 

Kegiatan ini bertema “Kepemimpinan Transaksional : Tumbuhkan Pemimpin Visioner dalam Era Society 5.0”. Tema ini diambil sebagai tindak lanjut dari Era Society 5.0 yang mengharuskan mahasiswa beradaptasi. Namun, partisipasi mahasiswa dalam berorganisasi dinilai masih kurang dengan berbagai alasan, seperti rendahnya soft skill perorangan serta menurunnya jiwa kepemimpinan hingga ketidaktahuan manfaat organisasi baik bagi diri sendiri maupun masyarakat. Untuk menjawab stigma negatif itu, serta untuk meningkatkan soft skill dan jiwa kepemimpinan mahasiswa, maka SOLO 2023 diselenggarakan dengan menghadirkan tokoh-tokoh inspirasional yang dapat memotivasi mahasiswa agar menjadi pribadi yang siap memimpin dan berorganisasi.

Era Society 5.0 adalah era yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan perubahan yang sangat cepat. Era ini telah menempatkan mahasiswa sebagai inisiator penggerak perubahan yang berposisi terdepan. Oleh karena itu, peran mahasiswa sebagai roda penggerak organisasi mahasiswa sangat krusial. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Bung Karno, “Generasi muda harus menjadi motor penggerak perubahan dan tidak boleh terjebak dalam kemapanan atau kebiasaan yang sudah ketinggalan zaman.” Untuk mencapai tujuan perubahan tersebut, dibutuhkan metode kepemimpinan visioner dan afiliatif, salah satunya melalui “metode kepemimpinan transaksional”. Pengembangan potensi dan kontribusi mahasiswa melewati gaya kepemimpinan transaksional dalam organisasi menjadi gaya yang paling tepat untuk diterapkan mengingat fokusnya pada kualitas kepemimpinan, profesionalisme, dan kekeluargaan. Oleh karena itu, disini menjadi penting untuk adanya kegiatan yang dapat memfasilitasi mahasiswa untuk belajar dalam menerapkan nilai-nilai kepemimpinan gaya transaksional dalam lingkungan organisasi di Era Society 5.0.

Pada 26 Agustus 2023 dilaksanakan Circle Organization pertama di ruang kelas Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Peserta dibagi menjadi dua kelas dalam yang berbeda. Masing-masing kelas didampingi oleh trainer yang membahas tema “Transactional Leadership”. Dalam kelas tersebut trainer membahas tentang karakteristik dan strategi kepemimpinan transaksional, relevansi gaya kepemimpinan di Era Society 5.0, relevansi gaya kepemimpinan transaksional untuk diterapkan sebagai gaya kepemimpinan yang tepat bagi seorang pemimpin, nilai- nilai yang terkandung dalam gaya kepemimpinan transaksional.

Pada hari pertama trainer yang mengisi acara yaitu Yacob Immanuel Christian Zanneti (Ketua Departemen PSDM HMAP 2022), dan Luky Adithama (Presiden BEM Fakultas Teknik 2023). Kemudian di dalam setiap kelas diadakan sesi postest dan  materi aplikatif public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri dari masing-masing peserta SOLO 2023.

Pada hari kedua Circle Organization, yaitu 27 Agustus 2023 masih di tempat yang sama. Peserta masih dibagi menjadi dua kelas dalam dua sesi yang berbeda, masing-masing kelas didampingi oleh trainer yang membahas tema “Profesionalitas dan Kekeluargaan Sebagai Leadership Skills yang Dibutuhkan Dalam Menjalankan Organisasi ”. Dalam kelas tersebut trainer membahas tentang macam- macam leadership skill yang dibutuhkan dalam mengelola jalannya sebuah organisasi, pentingnya leadership skills untuk dimiliki seorang pemimpin, pengelolaan SDM dalam sebuah organisasi melalui penerapan nilai-nilai kekeluargaan dan profesionalitas, time management dan problem solving sebagai kecakapan penunjang dalam penerapan leadership skill

Adapun trainer pada hari kedua sesi pagi, yaitu Bagus Hadikusuma (Presiden BEM Unsoed 2023) dan M. Avif Ferdian (Menteri Koordinator Pengembangan BEM Unsoed 2023). Dalam pelaksanaannya, peserta Circle Organization diminta mengerjakan postest dan mempraktikkan materi aplikatif bersama pendamping masing-masing.

Kemudian pada hari kedua, sesi siang peserta masih dibagi menjadi dua kelas dalam dua sesi yang berbeda yang masing-masing kelas didampingi oleh trainer yang membahas tema “How to Build a Great Personal Branding with Social Media.” Dalam kelas tersebut trainer membahas tentang  strategi membangun personal branding yang baik, manfaat personal branding bagi millenial di era kompetitif, strategi pengemasan personal branding yang menarik dan publikasinya di media sosial, penggunaaan media sosial dengan baik untuk mempengaruhi masyarakat. 

Adapun trainer pada hari kedua di sesi siang yaitu I Putu Arya Aditia Utama (Duta Genre Indonesia) dan Sharon Serafim (Local Head of Marketing AIESEC 2023). Dalam pelaksanaannya peserta Circle Organization diberikan tugas materi aplikatif yang diberikan waktu seminggu untuk membuat video yang dapat memberi pengaruh positif bagi orang lain melalui media sosial mereka masing-masing.

Pada hari ketiga Circle Organization 2 September 2023 dilakukan di ruangan terbuka yakni Pendopo PKM dengan rangkaian kegiatan brainstorming dengan tujuan mengasah para peserta CO untuk berpikir kritis dalam menghadapi situasi yang ditentukan di dalam mosi yang tentunya relevan dengan apa yang ada di ruang lingkup organisasi dan kepemimpinan nantinya.

Dan pada puncak acara School Of Leadership Organization yaitu Talkshow dilaksanakan secara offline di Aula FPIK UNSOED dengan dihadiri KP. Cristian Sabilal Pussung Ciptonagoro (Mr. Abie) yang merupakan CEO & Founder Brilliant English Course Kampung Inggris Pare. Talkshow kali ini mengangkat tema ”Leadership 101: Self Management“.

talkshow diselenggarakan di Aula Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsoed (3/9)

Dalam talkshow tersebut, pembicara membahas tentang bagaimana cara menumbuhkan jiwa kepemimpinan untuk diri sendiri sebelum akhirnya seseorang akan terjun langsung untuk memimpin orang lain, bahkan memimpin sebuah organisasi. Pada saat sesi talkshow, dijelaskan juga tentang karakteristik pemimpin yang ideal, lalu bagaimana cara memanajemen diri sendiri agar tercipta karakteristik pemimpin yang ideal, serta membahas bagaimana pengaplikasian secara langsung dari gaya kepemimpinan transaksional, dalam memimpin diri sendiri, berdasarkan nilai-nilai profesionalitas dan kekeluargaan. Selain itu, pembicara juga kerap kali membagikan pengalaman pribadi serta nasihat lainnya yang berhubungan dengan tema dari talkshow kami. 

Setelah sesi talkshow, kami juga mengadakan sesi wisuda yang hanya dihadiri oleh para peserta Circle Organization SOLO 2023. Pada sesi ini, peserta dipanggil dan diumumkan nilainya satu persatu ke atas panggung, untuk mendapat sertifikat. 

(Sumber: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

Acara Talkshow SOLO 2023 ditutup dengan special performance dari Okan Teza Pradana (Mahasiswa Hubungan Internasional 2021, Ketua UKM Remoef) dengan suasana yang haru dan bahagia karena SOLO 2023 resmi selesai.


Penulis: Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Editor: Magdalena Rohmannawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *