Category: Press Release

Today’s Talkshow #1 : How COVID-19 Change The World

Posted: 12 Juli 2020
Comments: 0


Sumber : Kementerian Luar Negeri




BEM Unsoed - Taiwan dan Selandia Baru banyak dipuji sebagai negara dengan penanganan COVID-19 terbaik karena berhasil mengendalikan penyebaran virus ini di negara mereka. Dengan makin merebaknya kasus COVID-19 di berbagai negara, Today's Talkshow diselenggarakan pertama kalinya dengan tema “How COVID-19 Change The World”.





Agenda ini diselenggarakan pada Sabtu (11/7) pukul 15.30-17.00 WIB dan merupakan agenda diskusi & sharing kolaborasi antara tiga kementerian: Kementerian Luar Negeri, Kementerian Media Aplikatif, dan Kementerian Kajian dan Aksi Strategis. Agenda bertujuan untuk membahas isu internasional yang sedang beredar.





Menghadirkan dua narasumber yakni R.Mustofa., Ph.D sebagai President of PPI National Dong Hwa University Taiwan dan Gabrielle Gunawan sebagai President of PPI Wellington New Zealand, Today's Talkshow #1 dimoderatori oleh Yana Ellisiana Deviasari dari Kementerian Media Aplikatif. Agenda berjalan lancar dan antusias sesuai dengan tujuan awal, yakni memperluas pandangan mengenai perubahan dan penanganan kasus COVID-19 yang melanda berbagai negara di dunia.





Diskusi yang diselenggarakan melalui Google Meet ini diisi dengan pemaparan dari masing-masing narasumber dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dengan adanya diskusi ini, para peserta mendapatkan ilmu dan pandangan baru terkait penanganan COVID-19 yang disampaikan langsung oleh narasumber dari masing-masing negara.





Adapun hasil kesimpulan dari Today's Talkshow adalah sebagai berikut:





Penanganan Covid-19 di Taiwan yakni berupa penjagaan secara ketat turis yang akan masuk ke negaranya. Taiwan juga tidak pernah melakukan lockdown, tetapi hanya membatasi akses masuk ke Taiwan dan melakukan social distancing. Pemerintah Taiwan tegas dan cerdas dalam mengabil langkah preventif. Di Taiwan, masyarakat juga cenderung patuh dan tidak pernah mengalami kelangkaan masker, dan hingga saat ini kasus terkonfirmasi di Taiwan berjumlah 449 kasus dengan jumlah kematian 6 orang.





Penanganan Covid-19 di Selandia Baru, ketika awal mula virus ini merebak Pemerintah Selandia Baru menerapkan lockdown 4 level secara bertahap (berlangsung 4-6 minggu) yakni :





  1. Level 1 : Bebas kemana–mana, asal tetap menjalankan protokol kesehatan (cuci tangan, etika bersin)
  2. Level 2 : Maksimal hanya diperbolehkan ada 100 orang dalam 1 event dan melakukan jaga jarak (2 meter)
  3. Level 3 : Penutupan bisnis-bisnis yang kemudian berlanjut secara online. Event wedding dan pemakaman hanya boleh 10 orang, sedangkan sekolah hanya dibuka untuk kelas 1-10.
  4. Level 4 : Melakukan total lockdown, tidak boleh kemana-mana. Yang buka hanya supermarket, rumah sakit, apotik, dsb.




Semoga diadakannya Today's Talkshow yang pertama ini dapat memberikan pengetahuan mengenai isu internasional kepada para peserta.










Penulis : Fauziah Nur Fitriani





Editor : Chrisdian Provita Bella


Tags: , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.