Category: Press Release

World Clean-Up Day (WCUD) 2020

Posted: 22 September 2020
Comments: 0


Kegiatan World Clean-Up Day (WCUD) 2020 bersama warga Desa Gununglurah. (Sumber: Kementerian Pengabdian Masyarakat)




BEM Unsoed- Sebagai bentuk peringatan hari bersih-bersih dunia, Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM Unsoed mengagendakan kegiatan World Clean-Up Day (WCUD). Agenda ini diselenggarakan bertempat di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Adapun tujuan penyelenggaraannya adalah meningkatkan kesadaran mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman akan pentingnya kebersihan lingkungan, serta agar lingkungan menjadi indah dan asri untuk keberlangsungan pada masa mendatang.





Kegiatan WCUD ini berlangsung pada tanggal 17-19 September 2020 dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari publikasi twibbon pada Kamis (17/9) dan pembersihan lingkungan dan penanaman tumbuhan pada Sabtu (19/9). Publikasi twibbon dilakukan melalui Instagram oleh anggota BEM Unsoed 2020 serta Kementerian Sosial Masyarakat/Pengabdian Masyarakat BEM di 7 fakultas: FT, FK, FEB, FMIPA, Fikes, Fapet, dan FPIK.









Pembersihan lingkungan serta penanaman tumbuhan dilaksanakan di Telaga Kumpe, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Sebelum penanaman pohon dilaksanakan, telah dilakukan publikasi pamflet sejak tanggal 17 September 2020 lalu. Pembersihan lingkungan serta penanaman pohon ini dilakukan oleh BEM Unsoed bersama dengan Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM FT, Kementerian Pengabdian Masyarakat BEM FPIK, dan ibu-ibu PKK Desa Gununglurah dengan menanam sebanyak 55 buah pohon.









Seluruh partisipan kegiatan bersih-bersih lingkungan serta penanaman pohon ini sangat antusias sehingga tercipta suasana yang komunikatif dan interaktif antara mahasiswa dengan ibu-ibu PKK. Adanya respon positif dan dukungan penuh dari pihak desa menjadkan kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan.










Penulis: Ayu Sulistiara





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.