Category: Press Release

DISKON Peretasan Media Massa : Sisi Gelap Lain Kemunduran Demokrasi

Posted: 22 September 2020
Comments: 0


Diskusi online kolaborasi Kementerian Kajian dan Aksi Strategis BEM Unsoed dengan LPM Solidaritas.




BEM Unsoed - Kementerian Kajian dan Aksi Strategis BEM Unsoed berkolaborasi bersama LPM Solidaritas FISIP Unsoed mengadakan diskusi online dengan tema “Peretasan Media Massa: Sisi Gelap Lain Kemunduran Demokrasi“. Diskusi ini dilaksanakan secara daring melalui Google Meet pada Selasa (15/09) pukul 19:30 – 22:00 WIB.





Diskusi ini di selenggarakan sebagai respon terhadap kasus peretesan media massa yang belakangan ini marak terjadi. Kasus yang dialami Tempo dan Tirto beberapa waktu lalu terkait peretasan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab menjadi momok tersendiri yang harus ditindak secara serius. Selain itu, diskusi ini juga dapat menjadi ruang dialektis mahasiswa untuk mengasah nalar kritisnya.





Diskusi dimoderatori Alpranola Azahra, Staff Penelitian dan Pengembangan LPM Solidaritas Fisip Unsoed dengan mengundang tiga narasumber yang kompeten di bidangnya, diantaranya:





  1. Sasmito Madrim (Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia)
  2. Ade Wahyudin (Direktur Eksekutif LBH Pers)
  3. Budi Setyarso (Pemimpin Redaksi Koran TEMPO)




Agenda diskusi diawali dengan pembukaan oleh moderator lalu pembacaan CV narasumber oleh moderator. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari tiap narasumber, sesi tanya jawab, dan diakhiri penutupan. Total peserta yang hadir pada diskusi kali ini mencapai kurang lebih 50 peserta.





Media massa menjadi sektor penting dalam peluasan informasi, sehingga keakuratan informasi pun menjadi catatan penting bagi publik. Meski telah dijamin oleh Undang-Undang peretasan media massa masih kerap terjadi.  Dengan adanya diskusi ini, harapannya kita dapat memperluas wawasan terkait permasalahan tersebut.










Penulis: Dzaki Azhar





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.