Category: Press Release

Workshop Gebyar PKM Soedirman 2020

Posted: 18 November 2020
Comments: 0


Workshop Gebyar PKM Soedirman yang diselenggarakan via Zoom (17/20).




BEM Unsoed - Salah satu rangkaian Gebyar PKM Soedirman, yaitu Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), telah dilaksanakan pada Sabtu (17/10). Garis besar materi yang disampaikan pada agenda ini yaitu kiat-kiat mengerjakan PKM dan pengalaman setelah mendapatkan pendanaan PKM. Agenda workshop diselenggarakan melalui Zoom dan siaran langsung di kanal YouTube BEM Unsoed.





Pembicara yang dihadirkan pada agenda kali ini berjumlah dua pembicara yang keduanya berasal dari Unsoed. Pembicara pertama adalah Dr. Tedi Sudrajat, S.H., M.H, Dosen Fakultas Hukum Universitas Jendral Soedirman dan pengurus PKM Center. Beliau merupakan orang yang sangat menginspirasi, dan mempunyai segudang pengalaman dalam dunia PKM.





Penyampaian materi oleh Bapak Tedi dimulai pada pukul 09.15 WIB. Beliau menyampaikan mengenai gambaran umum tentang PKM, cara mencari ide dan inspirasi untuk PKM, hingga tata cara pengajuan PKM. Pukul 09.55 WIB, dibuka sesi tanya jawab yang aktif diikuti oleh para peserta.





Sesi pemaparan materi berlanjut pada pembicara kedua pukul 10.15 WIB. Ia adalah Azizah Purwanti, mahasiswi Fakultas MIPA yang sekaligus penerima pendanaan PKM dan Peserta PIMNAS 32 di Universitas Udayana Bali. Pada penyampaiannya, Azizah berbagi pengalaman mengikuti PIMNAS serta bagaimana ia mendapatkan pendanaan untuk PKM. Pukul 11.00 WIB, sesi tanya jawab dibuka untuk para peserta.





“PKM merupakan ajang yang prestisius bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia. PKM terbagi dalam beberapa bidang diantaranya PKM P, M, K, KC, T, GT, GFK dan Artikel Ilmiah. Dalam membuat PKM, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dianatarannya membaca guide book (pedoman PKM) dengan cermat, menyusun PKM sesuai format ketentuan administrasi, mengikuti pelatihan penulisan PKM, serta mengikuti kompetisi PKM. Kemudian ada beberapa manfaat juga apabila lolos pembinaan, diantaranya penyetaraan mata kuliah, penyerataan skripsi, penyerataan KKN, dan penyerataan PKL," tutup moderator workshop, Shahia Hasna Zahirah Cindary.





Setelah penyampaian kesimpulan oleh moderator, para peserta diarahkan untuk mengikuti sesi foto bersama. Pukul 11.25 WIB, Workshop PKM Gebyar PKM Soedirman 2020 resmi ditutup.





Melalui workshop ini, harapannya semakin banyak mahasiswa Unsoed yang dapat menyalurkan ide-idenya melalui PKM. Semoga semakin banyak pula proposal PKM mahasiswa Unsoed yang lolos menuju PIMNAS dan mendapat pendanaan.





Terima kasih kepada seluruh peserta Workshop PKM Gebyar PKM Soedirman 2020!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.