Category: Press Release

Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional 2021

Posted: 6 Mei 2021
Comments: 0


Situasi Aksi Peringatan Hari Buruh Internasional (1/5).
(Sumber: Kementerian Kajian dan Aksi Strategis)




BEM Unsoed – Bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional (1/5), Kementerian Aksi dan Propaganda BEM Unsoed melaksanakan Aksi memperingati Hari Buruh Internasional. Aksi ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa Hari Buruh Internasional bukan hanya sekadar momentum peringatan, tetapi juga sebagai titik perjuangan para buruh, mahasiswa, dan masyarakat dalam memperjuangkan kesejahteraan buruh.





Agenda aksi massa yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Mei 2021 tersebut, melibatkan organisasi-organisasi yang berada di daerah Banyumas Raya, yang selanjutnya aksi massa ini diatasnamakan oleh Aliansi Semarak.






Konvoi Menuju Titik Aksi di Alun-alun Purwokerto

(Sumber: Kementerian Kajian dan Aksi Strategis)




Rangkaian agenda aksi massa memperingati Hari Buruh Internasional dimulai dengan konsolidasi untuk menentukan dan menyatukan pandangan terkait isu yang diangkat. Omnibus Law dan aturan turunannya serta dampak pandemi COVID-19 menjadi isu yang disepakati untuk diangkat dari konsolidasi tersebut. Selain itu, disepakati juga pembagian tim kerja yang terdiri dari; konseptor aksi, kajian investigasi, humas agitasi, media propaganda, dan bendahara logistik.





Selanjutnya diadakan teknis lapangan (teklap). Diawali oleh pemaparan progres dan evaluasi dari masing-masing tim kerja. Pembahasan teklap dilanjutkan dengan pembentukan perangkat aksi yang terdiri dari; kordinator lapangan, dokumenter, kronolog, keamanan, medis, dan dinamisator. Pembahasan terakhir yaitu estimasi massa, estimasi massa yang akan mengikuti aksi sebanyak 346 orang dari berbagai lembaga/organisasi.





Penyampaian Orasi Politik oleh Perwakilan Massa Aksi
(Sumber: Kementerian Kajian dan Aksi Strategis)




Massa berkumpul di PKM Unsoed jam 12.30 WIB, lalu dilanjutkan konvoi menuju titik aksi yang bertempat di Alun-alun Purwokerto pada jam 13.30 WIB. Sesampainya di titik aksi, massa aksi langsung membentuk barisan poster di sepanjang jalan Alun-alun Purwokerto. Diikuti dengan orasi politik, penampilan teatrikal, dan diakhiri pembacaan tuntutan. Aksi selesai jam 16.30 WIB.









Aksi berjalan dengan lancar dan dilakukan evaluasi terkait konsolidasi, teklap, dan aksi pada keesokan harinya (2/5). Evaluasi yang dilakukan di Pendopo PKM Unsoed pada jam 20.00 WIB dan dihadiri oleh beberapa perwakilan lembaga ini, bertujuan untuk memperbaiki agenda dari aksi-aksi yang akan dilakukan selanjutnya.










Penulis : Kementerian Kajian dan Aksi Strategis





Editor: Ardi Eka


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.