Category: Press Release

Aksi Kamisan September Hitam

Posted: 3 Oktober 2021
Comments: 0






(Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda)





BEM Unsoed - Aksi Kamisan merupakan kegiatan rangkaian aksi yang dilakukan setiap kamis dalam rangka merefleksikan September Hitam yang merupakan sebutan tepat melihat betapa banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi di bulan September di masa lalu. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai tempat, yaitu Tugu Pancasila, Bundaran Berko, Bundaran Andang, dan PKM tepatnya pada tanggal 2, 9, 16, dan 30 September 2021.





Kegiatan Aksi Kamisan bertujuan untuk merawat ingatan masyarakat, menolak lupa pelanggaran HAM berat masa lalu yang terselesaikan, dan sebagai bentuk protes serta aksi menuntut penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu yang masih belum selesai dan terhambat di Kejaksaan Agung. Kegiatan ini terdiri dari berbagai rangkaian, yaitu mimbar bebas (monolog, puisi, dan orasi), menyanyikan lagu perjuangan, mengheningkan cipta, dan ditutup oleh aksi diam diri dalam rangka mengenang korban pelanggaran HAM.









(Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda)





Kegiatan Aksi Kamisan dilaksanakan pada sore hari pukul 15.00 WIB dan selesai maksimal pukul 17.00 WIB, kecuali pada kamisan ke-4 yang dimulai pukul 17.00 WIB dan berakhir pada 18.45 WIB.





Setiap akan melakukan aksi, pihak kepolisian selalu mendatangi untuk menegosiasikan terkait waktu pelaksanaan agar selesai tidak larut. Kepolisian mengerahkan pasukan yang banyak untuk sekedar mengawasi agenda aksi kamisan tersebut. Informasi tambahan bahwa massa dari kepolisian lebih banyak dari massa Aksi Kamisan tersebut.









(Sumber : Kementerian Aksi dan Propaganda)





Pelaksanaan kegiatan Aksi Kamisan dari kegiatan pertama hingga terakhir cukup berjalan dengan lancar. Akan tetapi, pada saat akan menyelenggarakan Kamisan ke-4, harus diundur pada minggu selanjutnya karena kondisi alam yang tidak memungkinkan melaksanakan Aksi Kamisan tersebut.










Penulis : Kementerian Aksi dan Propaganda





Editor : Yuka Nabila Shauma


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.