Category: Press Release

Aksi Solidaritas "Atas Tindakan Anti Demokrasi di Universitas Nasional"

Posted: 13 Juli 2020
Comments: 0


Sumber : Dokumentasi BEM Unsoed




Purwokerto, BEM Unsoed - Bertempat di depan patung kuda Universitas Jenderal Soedirman, Aksi Solidaritas “Atas Tindakan Anti Demokrasi di Universitas Nasional“ telah diselenggarakan pada Sabtu (11/07). Massa aksi berasal dari BEM Unsoed, Front Mahasiswa Nasional Cabang Purwokerto, dan partisipan dari masyarakat/lembaga lain. Aksi ini merupakan aksi pertama yang diadakan secara langsung di jalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, mengingat keadaan pandemi yang belum juga usai.





Sebelumnya, Universitas Nasional (Unas) telah menjatuhkan sanksi skors hingga drop out (DO) terhadap tujuh mahasiswanya setelah mereka menggelar aksi demonstrasi di kampus karena menolak pemotongan uang kuliah yang tidak diberikan kepada seluruh mahasiswa.





Aksi Solidaritas ini diselenggarakan sebagai bentuk solidaritas terhadap kawan-kawan mahasiswa Universitas Nasional (Unas) yang mendapat SK DO dan skorsing, dan juga sebagai bentuk perlawanan terhadap pemberangusan demokrasi/darurat demokrasi di kampus.









Aksi berlangsung pada pukul 10.00 – 11.45 WIB, dengan rangkaian kegiatan berupa penyampaian orasi kepada publik dan pembagian press release kepada pengguna jalan. Jalannya aksi tersebut diawali pembukaan oleh Saudara Yusak dari FMN Purwokerto, kemudian dilanjutkan penyampaian orasi oleh kawan-kawan dari BEM Unsoed dan FMN Purwokerto, yaitu Afdhal (BEM Unsoed), Fauzi (FMN Purwokerto), Anes (FMN Purwokerto), Ahmed (FMN Purwokerto), Fakhrul (BEM Unsoed), Agung (FMN Purwokerto), Litha (FMN Purwokerto), dan Lugas (BEM Unsoed).





"Tindakan anti demokrasi di Unas semakin memperlihatkan bahwasanya ruang yang seharusnya paling demokratis dan akademis, yaitu ruang kampus tidak diperlihatkan oleh birokrat Unas. Mereka malah menunjukan tindakan anti demokrasi dengan memberikan SK DO dan skorsing. Itu semakin memperjelas darurat demokrasi kampus ada di depan mata. Contoh yang terjadi di Unas ini bisa saja terjadi juga di Unsoed," ujar Afdhal Yuriz dari BEM Unsoed.










Penulis : Dzaki Azhar





Editor : Chrisdian Provita Bella


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.