Category: Press Release

Brain Gain Batch 5

Posted: 8 Desember 2020
Comments: 0


Mahasiswa asing program pertukaran pelajar di Unsoed berfoto bersama di Batik Anto Djamil (21/11).
(Sumber: Kementerian Media Aplikatif)




Banyumas, BEM Unsoed – Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed telah mengadakan Brain Gain Batch 5 pada 21–22 & 28 November 2020. Agenda ini bertujuan untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada para mahasiswa pertukaran pelajar yang ada di Unsoed. Selama tiga hari, para mahasiswa asing diajak untuk mempelajari budaya secara langsung di masyarakat. Brain Gain Batch 5 dilaksanakan bertempat di wilayah Kabupaten Banyumas dan Kebumen.





Agenda Brain Gain Batch 5 pada hari pertama, Sabtu (21/11), diisi dengan kegiatan mengajar siswa MI Ma’arif NU I Desa Gununglurah, Cilongok. Para mahasiswa asing mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris kepada siswa MI kelas 4, 5 dan 6. Selain itu, mereka juga mengajak para siswa untuk bermain di area lapangan sekolah. Agenda ini diikuti oleh para siswa dengan antusias dan semangat.





Dari Gununglurah, agenda Brain Gain Batch 5 berlanjut menuju Batik Anto Djamil di Sokaraja. Di sana para mahasiswa asing diajarkan praktik pembuatan batik, mulai dari nyolet (proses pemberian warna pada bagian-bagian tertentu dengan kuas) hingga proses pencucian dan penjemuran kain batik. Praktik membatik ini berlangsung dengan lancar dan diikuti dengan baik oleh para mahasiswa asing.









Pada hari kedua, Minggu (22/11), kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan sejarah wayang di Museum Wayang Banyumas. Mereka belajar langsung dari pemandu wisata di Museum Wayang Banyumas. Selain mempelajari wayang, mahasiswa asing juga belajar alat musik gamelan khas Kabupaten Banyumas. Masih di hari yang sama, mahasiswa asing dibawa untuk menikmati keindahan alam di Goa Jatijajar, Kabupaten Kebumen.









Hari terakhir, Sabtu (28/11), agenda ditutup dengan penyelenggaraan Festival Budaya. Mahasiswa asing diajak mencicipi kuliner khas Kabupaten Banyumas di Nastari Coffee, Sumbang. Selain mencicipi kuliner khas Kabupaten Banyumas, mereka juga memasak beberapa menu dari negara asal mereka. Agenda diakhiri dengan permainan asal negara Kyrgyzstan dan Maroko. Permainan tersebut diikuti oleh mahasiswa asing dan staf Kementerian Luar Negeri BEM Unsoed.









Dengan diadakannya agenda Brain Gain ini, semoga budaya Indonesia yang dikenalkan kepada para mahasiswa asing dapat dikenal lebih mendalam lagi.





Sampai jumpa di Brain Gain Batch 6!










Penulis: Amatulloh Nur Bhaethy





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.