Category: Press Release

“Diskusi Dilema Buku Bajakan : Untung atau Buntung?”

Posted: 11 November 2021
Comments: 0


(Sumber : Kementerian Pengembangan Literasi dan Keilmuan)




BEM Unsoed – Minggu (2/5) telah berlangsung “Diskusi Dilema Buku Bajakan : Untung atau Buntung?”. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pengembangan Literasi dan Keilmuan ini merupakan agenda dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia dengan membahas duri dalam dunia literasi, yaitu pembajakan buku. Seiring waktu berjalan, pembajakan buku tidak hanya terjadi pada buku fisik, tetapi buku digital pun menjadi korban pembajakan.





Diskusi kali ini, menghadirkan dua pembicara, yaitu Miftah Farid Mahardika (Penulis Buku “Berdamai dengan Badai”) dan Dimas Mohamad Rizal (Penulis Novel “Risak” dan “Kausa : Mimpi-Cinta-Harapan”), yang membahas seputar fenomena pembajakan buku, apakah menguntungkan atau merugikan, terlebih pada dunia literasi di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman tentang bahayanya bisnis buku bajakan, baik untuk pembaca, penulis, hingga mencoreng semangat literasi bangsa.





(Sumber : Kementerian Pengembangan Literasi dan Keilmuan)




“Diskusi Dilema Buku Bajakan : Untung atau Buntung?" ini dibuka dengan sambutan dari Menteri Pengembangan Literasi dan Keilmuan, Aina Shofi, dan sambutan dari Presiden BEM Unsoed Kabinet Baragia, Fakhrul Firdausi. Kemudian, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Miftah Farid Mahardika dan Dimas Mohamad Rizal selaku pembicara, yang dipandu oleh moderator, Elok Widyaningtyas, sebagai Staf Kementerian Pengembangan Literasi dan Keilmuan.





Setiap pembicara memberikan pandangan dan materi seputar buku bajakan secara bergantian, selanjutnya dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta, dan dilanjutkan dengan penutupan. Antusiasme peserta cukup tinggi, dengan total peserta mencapai lebih dari 70 audiens.










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: , , , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.