Category: Press Release

Halo, Soedirman Games Competition IV!

Posted: 25 April 2020
Comments: 0


Sumber : Dokumentasi OS 2018




Purwokerto, BEM Unsoed - Kamis (23/04) lalu telah diselenggarakan rapat terbatas antara pimpinan BEM Unsoed dan kepanitian Olimpiade Soedirman (OS). Rapat ini diikuti oleh Presiden dan Wakil Presiden BEM Unsoed, Menteri-menteri Koordinator, Steering Committee, Project Officer, serta kepala divisi dari kepanitiaan OS. Rapat ini bertujuan untuk membahas perumusan nama baru untuk Olimpiade Soedirman. Adapun keputusan rapat menghasilkan adanya pergantian nama dari Olimpiade Soedirman (OS) menjadi Soediman Games Competition IV (SGC IV).





Apa yang mendasari pergantian nama?





Pergantian nama OS menjadi SGC ini didasari oleh adanya peraturan Kementerian Ristekdikti nomor B/322/B.B3/KM.01.01/2019 mengenai adanya larangan penggunaan kata Olimpiade, Olympic, Olympian, atau sejenisnya dan Logo 5 (lima) Ring pada seluruh kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan logo tersebut merupakan hak milik dari International Olympic Committee (IOC).





Mengapa akhirnya nama SGV IV yang dipilih?





Nama SGC IV dipilih karena dirasa cukup epic dan tepat untuk menggantikan nama OS didasari beberapa alasan, yaitu:





  • Tidak menghilangkan kata “Soedirman” yang merupakan cerminan event Unsoed dan ciri khas dari ajang tersebut
  • “Games” menggambarkan berbagai cabang olahraga yang ada di kegiatan ini
  • “Competition” menggambarkan bahwa ajang ini dilombakan untuk mencari yang terbaik pada berbagai cabang olahraga yang ada
  • “IV” menunjukan kali keberapa ajang kompetisi ini berlangsung. Agar kita tahu bahwa ini adalah event OS yang berganti nama dan telah berlangsung sebanyak empat kali




“Sudah ada lebih dari sepuluh opsi nama sebenarnya. Tapi lewat pertimbangan banyak hal akhirnya kita memilih SGV IV,” tambah Wakil Presiden BEM Unsoed 2020, Zaenab Nurul Jannah.





Mengingat bahwa nama OS tidak bisa dipakai lagi, kemungkinan nama SGC ini akan dipakai untuk tahun-tahun berikutnya. Stanley Nicolas, Project Officer SGC IV menambahkan, “Tetapi penerapan nama SGC untuk tahun-tahun berikutnya akan dikembalikan lagi kepada kebijakan BEM Unsoed periode selanjutnya.”





Walau begitu tidak ada perbedaan lebih antara OS dan SGC selain dari segi nama. SGC merupakan OS yang berganti nama, yang mana merupakan ajang perlombaan kegiatan olahraga terbesar di Unsoed.










Penulis : Ayu Sulistiara





Editor : Chrisdian Provita Bella


Tags: , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.