Category: Press Release

School of Leadership Organization (S.O.L.O) 2020

Posted: 25 Oktober 2020
Comments: 0






BEM Unsoed - School Of Leadership Organization (S.O.L.O) merupakan salah satu program kerja dari Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) BEM Unsoed 2020. S.O.L.O mewadahi para mahasiswa baru untuk mengembangkan minatnya dalam berorganisasi di Universitas Jenderal Soedirman. Pada tahun 2020 ini S.O.L.O memiliki dua rangkaian acara, yaitu Circle Organization (CO) dan talkshow.





Penyelenggaraan S.O.L.O didasari oleh minimnya partisipasi mahasiswa hari ini dalam berorganisasi di kampus. Minimnya partisipasi mahasiswa biasanya disebabkan karena alasan-alasan klasik, seperti: mengganggu akademik, ketidakmampuan dalam manajemen waktu, rendahnya soft skill, hingga ketidaktahuan manfaat organisasi bagi diri sendiri dan masyarakat.





Menindaklanjuti hal tersebut, BEM Unsoed berinisiatif mengambil langkah untuk menyelenggarakan S.O.L.O dalam rangka menciptakan iklim organisatoris yang aktif.





Rangkaian acara S.O.L.O diikuti oleh mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman, khususnya mahasiswa baru angkatan 2020. Circle Organization (CO) dilaksanakan pada tanggal 19-26 September 2020, sementara talkshow digelar pada 11 Oktober 2020 lalu.





Rangkaian agenda S.O.L.O 2020 yaitu:





  • Circle Organization




Forum Focus Grup Discussion (FGD) pada kegiatan S.O.L.O disebut dengan Circle Organization (CO).





Circle Organization merupakan wadah dimana mahasiswa baru dapat berdiskusi dan mendapatkan bekal tentang organisasi dan kepemimpinan. Dalam kegiatan ini, para peserta dibagi menjadi 12 kelompok dengan 1 trainer dan 1 Co-trainer pada tiap kelompok. Trainer dan Co-Trainer bertugas untuk memberikan materi dan contoh kasus yang akan menumbuhkan kerjasama dan rasa kepemimpinan pada peserta.





Kegiatan Circle Organization yang dibimbing oleh trainer dan co-trainer.




  • Talkshow




Mengangkat tema "Sinergi Dalam Bakti, Alirkan Dengan Prestasi", talkshow merupakan acara puncak kegiatan S.O.L.O yang menghadirkan dua pembicara berpengalaman dalam organisasi. Kedua pembicara yang berkesempatan untuk hadir pada S.O.L.O 2020 adalah Sherly Annavita R. (Milenial Influencer Master of Social Impact, Australia Best Delegate AWMUN) dan Rian Mantasa Salve P. (Asisten Professor Universitas Gadjah Mada).









Tidak hanya bagi mahasiswa, acara ini juga terbuka untuk umum. Dengan demikian talkshow S.O.L.O diharapkan mampu meningkatkan minat serta memotivasi siapapun untuk aktif berorganisasi.





Rangkaian acara CO dan talkshow dilaksanakan secara daring melalui Google Meet, Zoom dan siaran langsung di kanal YouTube. Keseluruhan rangkaian S.O.L.O 2020 berjalan lancar, meski sempat terdapat kendala teknis terkait koneksi internet maupun perangkat. Namun itu semua berhasil diatasi dengan baik.





Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta CO dan talkshow S.O.L.O yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara dengan baik. Selamat berdinamika dan berproses di Kampus Jenderal!










Penulis: Karimatul Azkiya





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.