Category: Press Release

Workshop Karya Tulis Ilmiah dan Esai

Posted: 25 Oktober 2020
Comments: 0






BEM Unsoed – Minggu (18/10) telah diadakan Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan Esai yang merupakan agenda dari Kementerian Pengembangan Keilmuan BEM Unsoed. Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan bidang kepenulisan khususnya KTI dan esai kepada mahasiswa.





Adapun tujuan diselenggarakannya Workshop KTI dan esai secara rinci yaitu :





  • Mengenalkan bidang kepenulisan, khususnya KTI dan esai kepada mahasiswa
  • Menumbuhkan minat mahasiswa terhadap bidang kepenulisan, khususnya KTI dan esai
  • Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan KTI dan esai




Workshop KTI dan esai ini berlangsung secara online dari pukul 13.00-15.30 WIB melalui Zoom Meeting dengan pembicara yaitu Haris Hendrik (1st Winner Best Paper Presenter International Youth Summit and Empowerment 2019 in Bali) dan dimoderatori oleh Putri Caroline dari Kementerian Pengembangan Keilmuan.





Agenda Workshop KTI dan esai diawali dengan perkenalan pembicara dan pembacaan CV pembicara oleh moderator. Workshop dibagi ke dalam 2 sesi, sesi pertama adalah penyajian materi mengenai cara membuat esai yang baik oleh pembicara. Sedangkan pada sesi 2 merupakan sesi diskusi dan tanya jawab antara pembicara dengan peserta workshop. Workshop diakhiri dengan sesi foto bersama dengan pembicara dan seluruh peserta.





Walaupun pada awal acara terdapat kendala terkait link Zoom, tetapi secara keseluruhan agenda ini berjalan dengan baik dilihat dari antusiasme peserta untuk ikut aktif berdiskusi.





Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari Workshop KTI dan esai ini adalah sebagai berikut :





Ketika akan membuat esai dan paper, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari ide dengan membuat pohon masalah (problem tree), outline atau dengan metode six hat thinking tools. esai yang baik terdiri dari:





  1. Introduction paper yang menarik, yang berisi pertanyaan provokatif , berdasarkan data statistik, dan fakta yang tidak biasa diketahui
  2. Body paper yang berisi key points yang ingin disampaikan
  3. Conclusion yang menjawab rumusan masalah









Penulis: Sevia Ayu Diniati





Editor: Chrisdian Provita Bella


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.