Category: Press Release

School Of Leadership Organization (S.O.L.O) oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa

Posted: 7 November 2021
Comments: 0


(Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)








BEM Unsoed - Telah berlangsung kegiatan School Of Leadership Organization (S.O.L.O) oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa baru angkatan 2021, perwakilan ormawa se-Unsoed, dan mahasiswa umum. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari Circle Organization dan Talkshow (Leadership Talk) yang dilaksanakan pada 18 sampai dengan 25 September 2021 untuk Circle Organization serta untuk Talkshow (Leadership Talk) pada (2/10) via Zoom Meeting dan live streaming YouTube.





SOLO atau School Of Leadership Organization 2021 diselenggarakan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi, baik di lingkup universitas, fakultas, maupun jurusan. Mengingat perlu diperkenalkan lebih mendalam perihal keorganisasian dan kepemimpinan sebagai langkah lanjutan untuk menyiapkan tongkat estafet kepemimpinan selanjutnya. Kegiatan ini juga sebagai wujud aplikasi pengembangan kepemimpinan di masa kritis pandemi dan di era digital. Kepemimpinan di masa kritis pandemi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kita semua para pelaku organisasi. Karena keberlangsungan sebuah organisasi sangat bergantung pada kemampuan pemimpinnya dalam menghadapi masa kritis dan dalam beradaptasi pada situasi yang berubah-ubah.





(Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)




Acara ini diselenggarakan dengan menghadirkan tokoh-tokoh organisatoris yang dapat memotivasi mahasiswa agar ikut berkontribusi di dalam organisasi. SOLO juga hadir dalam rangka mendukung regenerasi setiap organisasi yang ada di Unsoed, dimana dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan diharapkan dapat memberikan bekal keorganisasian dan kepemimpinan kepada mahasiswa yang nantinya akan menggantikan estafet kepemimpinan dimasing-masing organisasinya.





Kegiatan yang terealiasi dalam rangkaian acara School Of Leadership Organization 2021 adalah Circle Organization dan Leadership Talk (Talkshow) dengan tema “Dinamika Kepemimpinan” dan subtema “Ciptakan Asa Lahirkan Generasi Pemimpin Berjiwa Detektif (Dedikatif, Integritas, dan Proaktif)”. Pada hari pertama Circle Organization dengan topik yang dibawakan yaitu mengenai “Kepemimpinan Transformasional” trainer pertamanya yaitu yaitu Safriko Desna Putra (Vice Regional Director ID Next Leader) dan trainer keduanya yaitu Dharmaji Suradika (CEO Pemimpin.id). Peserta Circle Organization ini dibagi dalam beberapa kelompok kemudian masuk ke Focus Group Discussion (FGD) untuk mendiskusikan isu berupa pro dan kontra yang sudah diberikan dari trainer masing-masing kelompok. Debat pada masing-masing kelompok berjalan dengan baik sesuai.





(Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)




Pada hari kedua Circle Organization dengan topik yang dibawakan yaitu mengenai “Pendalaman Bidang di Organisasi” yang dibawakan oleh tiga trainer yaitu Afdhal Yuriz Fadhillah, yang membawakan materi di bidang Sosial Politik, Fatih Fida Ain, yang membawakan materi di bidang Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, dan Mufid Habiburrahman, yang membawakan materi di bidang Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa. Ketiga bidang yang disampaikan oleh ketiga trainer tersebut dapat tersampaikan dan terealisasikan dengan cukup kepada peserta Circle Organization yang nantinya dapat memahami alur kerja atau bahkan beberapa program kerja yang ada pada bidang yang disampaikan. Untuk mengukur potensi pemahaman dari setiap peserta yang memperhatikan materi dari setiap trainernya, dilakukan kuis pada platform Quizizz dengan isi materi kuisnya berasal dari penyampaian materi dari setiap trainer.





(Sumber : Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)




Pada hari ketiga Circle Organization dengan topik yang dibawakan yaitu mengenai “Manajemen Aksi” yang dibawakan oleh Fakhrul Firdausi sebagai pemateri. Materi aplikatif yang diberikan sebagai penugasan yaitu membuat media propaganda. Media propaganda yang telah dibuat oleh peserta Circle Organization dipresentasikan pada hari ketiga Circle Organization ini kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan dikomentari oleh trainer secara langsung.





Kemudian pada hari terakhir rangkaian acara School Of Leadership Organization yaitu Leadership Talk (Talkshow), menghadirkan sosok pembicara yang memiliki pengalaman luas dalam bidang public speaking yaitu Muhammad Syaeful Mujab dan Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia. Sebelumnya, rencana pelaksanaan Talkshow ini mengundang keynote speaker yaitu Erick Thohir sebagai Menteri BUMN Republik Indonesia, akan tetapi pada saat pelaksanaan acara berlangsung beliau tidak dapat menghadiri acara Talkshow ini karena ada kendala satu dan lain hal. Namun, acara talkshow ini masih dapat berjalan dengan baik karena dari kedua pembicara tadi dapat memaparkan mengenai nilai-nilai yang di dapat berdasarkan pengalaman berorganisasi dari setiap pembicara sehingga bisa menjadi seorang motivator serta sosok yang berperan aktif di dalam masyarakat.










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , , , , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.