Kembali lagi, Sobat Gensoed!

Sudah lama nih kita gak bertemu. Untuk mengembalikan semangat menjalani semester genap, kini Weekly Report telah hadir dan akan senantiasa menemani weekend kalian lhoo! Tentunya di sini Sobat Gensoed dapat menemukan banyak informasi yang up to date dan menarik, tak sabar banget nih, yuk segera disimak!

Lahan War Takjil Baru? Yuk, ke Kampoeng Ramadan FIB Unsoed!

(Sumber: Fakultas Ilmu Budaya)

Ngomongin takjil, Sobat Gensoed udah berburu kemana aja?

Selama bulan Ramadan ini tidak dapat dipungkiri lagi, takjil memang selalu menjadi incaran utama menjelang berbuka puasa, kann. Sampai tidak terkejut lagi jalanan yang semakin padat di mana-mana, siapa pun dari berbagai kalangan usia menginginkan cuci mata dengan membeli takjil. Di tengah kepadatan itu, ada spot berburu takjil baru yang wajib dikunjungi lho, Sobat Gensoed! Yaitu, bertempat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman.

Hah, di FIB Unsoed ada lahan war takjil baru?!

Benar kok! Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan 1445 H, Takmir Masjid Az-Zakiyah mengadakan kegiatan bazar bertajuk “Kampoeng Ramadan FIB” yang diisi oleh berbagai stan UMKM dengan pilihan menu takjil yang beragam dan sangat menarik. Kampoeng Ramadan ini diadakan mulai 14–28 Maret 2024 dan dibuka pada pukul 14.00–19.00 WIB setiap harinya.

Hayoo tertarik banget kan, Sobat Gensoed? Kini kalau mau berburu takjil gak perlu jauh-jauh lagi!


Suarakan Demokrasi: Mahkamah Konstitusi Hapus Pasal Pencemaran Nama Baik dan Penyebaran Hoaks

(Sumber: Koran TEMPO)

Wah, lagi ada kehebohan apa lagi nih dari Mahkamah Konstitusi?

Baru ini, Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan yang menjadi secercah harapan pengkritik pemerintahan dengan tersuarakannya demokrasi. Melalui permohonan uji materiil terkait pasal pencemaran nama baik dan penyebaran hoaks yang diajukan oleh Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti. Putusan itu dibacakan dalam sidang putusan terhadap perkara nomor 78/PUU-XXI/2023, di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Mengenai penghapusan Pasal 14 dan 15 UU 1 Tahun 1946, juga dengan Pasal 310 Ayat (1) yang menyatakan “Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum, diancam karena pencemaran dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau pidana denda paling banyak Rp4.500.000,00.”

Menggunakan pertimbangan apa yang menghasilkan putusan MK ini, Min??

Nah, dengan sifat norma dapat menciptakan ketidakpastian hukum atau menjadi “Pasal Karet” yang dalam pemaknaannya adalah perundangan yang tidak jelas tolak ukurnya. Seperti dalam Pasal 14 nih, Sobat Gensoed! Penggunaan “keonaran” dikatakan tidak relevan lagi dengan perkembangan sosial media sebagai ruang publik dalam berpendapat dan kritik yang berpotensi menimbulkan multitafsir dan menimbulkan keonaran yang relatif.

Kedua pasal yang dihapuskan pun tidak memberikan pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil bagi setiap warga sebagaimana yang dijamin dalam Pasal 28D Ayat (1) UUD 1945. Meskipun sesungguhnya bertujuan dalam memberikan masukan kepada pemangku kepentingan, hak yang dijaminkan tersebut akan terancam aktualisasinya dan berpotensi menciptakan kesewenang-wenangan pemangku kepentingan dalam mengancam masyarakat yang menyebarkan informasi merugikan.

Gimana nih pendapat Sobat Gensoed? Yuk, tetap lanjut suarakan demokrasi yang sehat!


Inspiratif! Ini Dia 11 Mahasiswa Unsoed yang Lolos Awardee IISMA 2024

(Sumber: Metanoiac)

Last but not least, kali ini Mimin kasih berita yang gak kalah keren abiezz sekaligus inspiratif dan cocok sekali buat para Sobat Gensoed yang bercita-cita mendapatkan beasiswa luar negeri. So, tanpa berbasa-basi check it out!

Pada Rabu, 20 Maret 2024, Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) merilis pengumuman hasil seleksi peserta studi untuk awardee IISMA 2024 melalui website resmi iisma.kemdikbud.go.id. Berdasarkan pengumuman tersebut Universitas Jenderal Soedirman kembali menorehkan prestasi cemerlang dari mahasiswanya yang berhasil lolos program beasiswa IISMA.

Wah, siapa saja nih mahasiswa penerima awardee IISMA 2024?

  1. Rama Baharudin – Prince of Songkla University (Thailand)
  2. Efforti Cesarrikha Ashari – University of Limerick (Republik Irlandia)
  3. Muhammad Farkhan Destrian Candra – Charles University (Republik Ceko)
  4. Nurmalihah – Prince of Songkla University (Thailand)
  5. Yusriani M. A. – RUDN University (Russia)
  6. Shammara Ardine Angelique – RUDN University (Russia)
  7. ⁠M. Irfan Nabiel M. Mucoffa – Hanyang University (Korea Selatan)
  8. Sekar Hayuning Mutyas – University of Pécs (Hungaria)
  9. Eneng Anisyah – Universitat Pompeu Fabra (Barcelona, Spain)
  10. Faizal Shahid Ramadhan – Prince of Songkla University (Thailand)
  11. Mauluddin Gibran Nasution – M.V. Lomonosov Moscow State University (Russia)

Ikut bangga banget gak sih?! Kita sebagai mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman berhasil menyumbangkan generasi muda bangsa untuk bersaing di kancah internasional. Semoga informasi ini dapat menjadi motivasi Sobat Gensoed untuk terus mengejar cita-cita melalui beasiswa IISMA yang bergengsi ini ya!


Penulis: Khazimatul Karimah & Adelia Leony A.

2 thoughts on “Weekly Report #1”
  1. Hi Neat post There is a problem along with your website in internet explorer would test this IE still is the market chief and a good section of other folks will pass over your magnificent writing due to this problem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *