Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #244 : Mahasiswa Unsoed Ciptakan Tablet Effervescent Chlorella vulgaris sebagai Penangkal Covid-19

Posted: 8 September 2021
Comments: 1


(Sumber: unsoed.ac.id)




Sing bener bae, Lur?





Iya, beneran dong!





Meskipun berbagai upaya penanganan Covid-19, seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas masih sangat masif dilakukan. Namun, imunitas tubuh tetap menjadi benteng utama dalam menangkal penularan Covid-19. Untuk meningkatkan imunitas ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi imunostimulan.





Nah, tim PKM yang berasal dari Fakultas Biologi Unsoed telah melakukan inovasi berupa tablet Effervescent Chlorella vulgaris yang dapat meningkatkan imunitas tubuh manusia, Lur.





Emang imunostimulun itu apaan sih? Effervescent Chlorella vulgaris aku juga nggak tau nih hehe





Tenang-tenang, sini aku jelasin …





Jadi, imunostimulan itu dapat berasal dari bahan kimia sintetik dan bahan alami seperti derivat bakteri, polisakarida, ekstrak hewan dan tumbuhan, serta vitamin, Lur.





Nah, berdasarkan studi literatur, mikroalga seperti Chlorella vulgaris berpotensi dimanfaatkan sebagai imunostimulan karena mengandung provitamin A (β-karoten), vitamin C, vitamin E, dinding sel, dan CGF.









Ohh gitu … terus anggota timnya siapa aja sih, Lur?





Tim PKM ini beranggotakan lima orang, yaitu Regita Ringga Hanessa Putry, Salma Aulia Salsabila, Mochamad Rezky Darmawan, Khoerunnisa, dan Haris Raditya Subandrio. Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed, Lur. Sementara itu, dosen pembimbing dalam penelitian ini yaitu Dr. Endang Ariyani Setyowatio, M.Si.





Oh iya, tim yang diketuai oleh Regita ini juga berhasil lolos pendanaan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) 2021, lho! Saat ini mereka akan melanjutkan ke tahap PKP2 untuk penentuan lolos tidaknya di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).





Wihh, keren! Kira-kira prosesnya pembuatannya gimana, tuh?





Menurut pernyataan Regata, penelitian yang dilakukan selama 3 bulan ini dimulai dengan mengkultur Chlorella vulgaris yang didapat, lalu dicampurkan dengan natrium bikarbonat, asam tartrat, dan asam sitrat, serta beberapa bahan lain sehingga membentuk Effervescent Chlorella vulgaris. Kayak gitu, Lur









Kuwe wis pernah diuji coba atau belum, Lur?





Udah dong, Lur! Jadi, tablet yang telah dibuat tersebut kemudian diujikan pada hewan uji yaitu mencrit jantan untuk mengetahui efektivitas imunostimulan yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah leukosit, jumlah eritrosit, dan kadar hemoglobin.





Effervescent Chlorella vulgaris yang telah dibuat kiye diharapkan dapat menjadi solusi imunostimulan yang praktis, efisien, dan memiliki efektivitas yang tinggi di masa pandemi Covid-19.










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tags: , ,

Post Terkait

One thought on “BETTER #244 : Mahasiswa Unsoed Ciptakan Tablet Effervescent Chlorella vulgaris sebagai Penangkal Covid-19”
  1. Hello everyone, am very happy to share this little awesome testimony about Dr olu a great a herbal doctor who help me enlarge my penis size.3.2 cm to 8.3 cm longer with his herbal cream mixture, my girlfriend is now so amazed with the autonomous size of my penis , if you you are also in need of help on how to enlarge your penis to become bigger and stronger I adverse you to contact Dr on his email (drolusolutionhome@gmail.com) ) you or contact on whatsapp number +2348140654426 because he is one of the best herbal doctor that i can only show you up to, if your penis is 4.2 cm and want to get it reach 9.2 cm within three weeks i Dr olu is also specialized on obeo m breast and boobs enlargement i advise you to contact him for help

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.