Deprecated: Hook elementor/widgets/widgets_registered telah usang sejak versi 3.5.0! Sebagai gantinya, gunakan elementor/widgets/register. in /home/u5443501/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 5758

Deprecated: Fungsi Elementor\Widgets_Manager::register_widget_type tidak berlaku lagi sejak versi 3.5.0! Gunakan register sebagai penggantinya. in /home/u5443501/public_html/blog/wp-includes/functions.php on line 5383

(Sumber : Unsoed.ac.id)

Wahh, program wira desa seperti apa, tuh, Lur?

Jadi gini, Lur… Program Wira Desa itu merupakan program pertumbuhan dan perkembangan kegiatan kegiatan wirausaha yang ada di desa, baik usaha kelompok dan atau usaha individu, usaha lama dan atau usaha baru yang berpotensi menjadi penggerak perekonomian desa dan menjadi salah satu keunggulan desa. Program ini merupakan inisiasi dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiwaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dalam rangka mengembangkan soft skills mahasiswa dan menerapkan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dengan menumbuhkan rasa perduli mahasiswa untuk berkontribusi dalam masyarakat desa.

Wirausaha seperti apa aja, nih?

Macam-macam dong, Lur! ada Kelompok UMKM Tape Singkong, UMKM Klanting serta UMKM Telur Asin. Namun, yang menjadi fokus utama yaitu UMKM Tepung mocaf,Warga sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan tepung mocaf. Ibu Suliyah selaku ketua UMKM Tepung Mocaf mengatakan bahwa kegiatan ini memberikan dampak baik bagi Desa Sokawera terutama petani singkong.

“Kegiatan wiradesa terutama pembuatan tepung mocaf ini sangat berdampak baik bagi Desa Sokawera, terutama petani singkong. Harapannya tepung mocaf ini bisa menjadi salah satu icon bagi Desa Sokawera dan menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat. Kami dari ibu-ibu PKK juga akan mengikuti lomba cipta menu. Kami niatnya akan menggunakan tepung mocaf sebagai bahan utamanya” ujar Bu Suliyah.

(Sumber : Unsoed.ac.id)

Keren banget ya UKMPR Unsoed ini!

Iya, dong! kegiatan ini juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa seperti pembelajaran di masyarakat, pembelajaran unggah-ungguh sekaligus belajar serta menyampaikan sesuatu yang baru yang didapat dari kampus. Kegiatan ini membantu diversifikasi produk olahan, pembukuan, digital marketing, organisasi UMKM serta membantu membuatkan media sosial sebagai sarana promosi yang bekerjasama dengan warga setempat.

Wuihh, sekarang media sosial berpengaruh ya, Lur

Tentu saja, dong, Lur. Pada era sekarang ini internet sangat berpengaruh dalam segala lini dan hal ini dikuasai oleh para mahasiswa, sehingga kehadiran mereka di desa ini untuk memajukan wilayah sekaligus ekonomi lokal. Hal terpenting dalam kegiatan ini adalah mahasiswa mendapat pengalaman lebih selain dari pembelajaran di kampus.

Semoga program wiradesa ini bisa membantu kemajuan banyak desa dan menghasilkan UMKM yang mandiri yaa…

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *