Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #246 : Kuliah di Jalan : Aliansi Mahasiswa Unsoed Kukuhkan Profesor Abai HAM

Posted: 10 September 2021
Comments: 1


(Sumber : BEM Unsoed 2021)




Ha? Maksudnya gimana?





Jadi gini, Lur. Hari ini ratusan mahasiswa Unsoed yang tergabung dari berbagai fakultas mengikuti kuliah di jalan dengan "menguningkan" Auditorium Graha Widyatama sejak pukul 09.00 WIB, untuk menyambut sekaligus "mengukuhkan" secara cuma-cuma Jaksa Agung ST Burhannudin sebagai seorang profesor, yaitu profesor abai HAM.





(Sumber : BEM Unsoed 2021)




Profesor Abai HAM, Lur?





Iya, betul! Aliansi mahasiswa Unsoed mengukuhkan Jaksa Agung ST Burhannudin sebagai profesor abai HAM. Pengukuhan yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa Unsoed ini merupakan bentuk pengukuhan tandingan atas pengukuhan yang dilakukan oleh Universitas Jenderal Soedirman kepada Jaksa Agung ST Burhannudin sebagai profesor hukum pidana.





Padahal, di lihat dari realitasnya, implementasi kewenangan jaksa agung sebagai penyidik dan penuntut umum belum menunjukkan usaha dan hasil yang signifikan untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM.  





Selain itu, jaksa agung juga menunjukkan sikap tidak mau (unwilling) dan terus menolak hasil penyelidikan Komnas HAM dengan alasan tidak cukup bukti. Sikap unwilling jaksa agung menunjukkan pertentangan terhadap prinsip perlindungan HAM sebagai ciri utama negara hukum Rechstaat dan The Rule of Law yang dianut oleh Indonesia.





(Sumber : BEM Unsoed 2021)




Kok bisa gitu sih?





Iya nih, Lur





Nah, lantaran hal tersebut, Aliansi Mahasiswa Unsoed melakukan Deklarasi Pengkuhan Tandingan Kejagung. Deklarasi tersebut intinya berisi:





Kesatu: Mengukuhkan gelar profesor kepada Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M secara Cuma-Cuma, agar selanjutnya bisa pergunakan untuk melanjutkan komiten terhadap penyelesaian Kasus HAM di Indonesia.





Kedua: Mengingatkan kepada prof. Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M untuk tidak lupa atas kelamnya dan sadisnya kejadian semanggi I dan semanggi II.





Ketiga: harapan kami selaku Aliansi Mahasiswa se-Unsoed yang sudah memberikan gelar profesor secara Cuma-Cuma agar dapat ditindaklanjuti untuk bisa menuntaskan segala pelanggaran HAM yang sampai saat ini masih belum terselesaikan.





Keempat: Memberikan tantangan sebesar-besarnya kepada prof. Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M agar dapat mengadili pelaku kasus pelanggaran HAM di Indonesia.





Kelima: Agar prof. Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M dapat berkomitmen penuh terhadap penyelesaian kasus Pelanggran HAM di Indonesia dan memberikan kejelasan kepada korban.





Selain itu, Aliansi Mahasiswa Unsoed juga memberikan desakan kepada Jaksa Agung ST Burhannudin, Lur!





(Sumber : BEM Unsoed 2021)




Wah, apa aja tuh desakannya?





Berdasarkan kajian yang disusun, Aliansi BEM Se-Unsoed mendesak Jaksa Agung ST Burhannudin, untuk:





  1. Membuktikan adanya kmauan (willingness) dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat
  2. Menindaklanjuti laporan pelanggaran HAM berat dari Komnas HAM
  3. Mempertimbangkan untuk menerim rekomendasi pemberian kewenangan penyidikan, penyelidikan, dan penuntutan secara penuh kepada Komnas HAM dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.




Gitu ya … tapi “pengkuhan”-nya lancar kan, Lur?





Lancar, kok, Lur. Meskipun sebelumnya sempat dihadang oleh aparat Polresta Banyumas di simpang tiga Grendeng, Jalan Kampus Unsoed, dan telah bernegosiasi yang cukup alot. Namun, akhirnya mahasiswa Unsoed diizinkan masuk menuju Jalan HR Boenyamin samping Kampus FISIP Unsoed, sehingga “pengkuhan” tadingan ini dapat tetap berlanjut dan tuntutan dapat tersuarakan.





Oke deh! Semoga tuntutannya segera terpenuhi yaa





Aamiin, kita sama-sama mengusahakan, ya, agar kasus pelanggaran HAM berat masa lalu dapat segera dituntaskan dan HAM saat ini serta di masa depan nanti dapat terus ditegakkan.





Hidup Mahasiswa!





Hidup Rakyat Indonesia!










Penulis : M. Fakhri Hamasah & Silvia Sulistiara


Tags: ,

Post Terkait

One thought on “BETTER #246 : Kuliah di Jalan : Aliansi Mahasiswa Unsoed Kukuhkan Profesor Abai HAM”
  1. Hello everyone, am very happy to share this little awesome testimony about Dr olu a great a herbal doctor who help me enlarge my penis size.3.2 cm to 8.3 cm longer with his herbal cream mixture, my girlfriend is now so amazed with the autonomous size of my penis , if you you are also in need of help on how to enlarge your penis to become bigger and stronger I adverse you to contact Dr on his email (drolusolutionhome@gmail.com) ) you or contact on whatsapp number +2348140654426 because he is one of the best herbal doctor that i can only show you up to, if your penis is 4.2 cm and want to get it reach 9.2 cm within three weeks i Dr olu is also specialized on obeo m breast and boobs enlargement i advise you to contact him for help

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.