Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #79: Dua Tambah Tiga Sama Dengan Lima, Prodi Matematika Sekarang A Juga!

Posted: 24 Agustus 2020
Comments: 0


Sumber: Unsoed.ac.id




Gensoed, ada yang baru nih!





Ana apa maning kiye?





Jadi nih Universitas Jenderal Soedirman / Unsoed kembali menambah jumlah Program Studi yang terakreditasi A loh! Nah setelah beberapa waktu lalu Program Studi Kimia dan Sastra Jepang dalam waktu yang berdekatan, kali ini Program Studi Matematika juga mendapat akreditasi A. Keren ora kuwe?





Wow keren! Terus asesmen lapangane gimana kuwe?





Sama seperti Program Studi Kimia dan Sastra Jepang, asesmen ini juga dilakukan secara daring pada tanggal 13 sampai dengan 14 Agustus 2020 mengingat asesmen dilakukan pada saat pandemi Covid-19. 





Informasi tambahan nih lur~





Sebenernya pengajuan untuk reakreditasi Prodi Matematika dilakukan pada bulan Maret 2019. Namun, dengan banyaknya prodi yang mengajukan reakreditasi, asesmen lapangan baru dapat dilakukan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2020.





Wah, suwe banget ya~





Betul banget, Ketua Jurusan Matematika Dr. Idha Sihwaningrum mengungkapkan bahwa karena  jangka waktu antara pengajuan reakreditasi dan asesmen lapangan ini cukup panjang, persiapan utama yang dilakukan oleh dosen bersama staf administrasi, dan mahasiswa adalah mengingat kembali hal-hal yang telah dituliskan dalam borang.  “Hal ini dilakukan selama enam hari dari pukul 19.30 sampai 21.30. Persiapan lainnya yang terasa agak sedikit repot adalah penyiapan dokumen. Banyak dokumen yang belum tersedia secara digital sehingga perlu discan. Demikian juga dengan pembuatan video,” jelasnya. Semua sarana dan prasarana yang dituliskan di borang harus ditampikan dalam satu video yang representatif.





Ribet nemen ya akreditasi online~





Memang ribet, namun walau demikian hasil yang didapat sangat membahagiakan terutama bagi seluruh civitas akademika karena sebelumnya terakreditasi B dan berhasil naik menjadi terakreditasi A. Selain itu Ketua Jusan Matematika juga mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan akreditasi, panel asesor telah membantu Prodi Matematika untuk melihat potret diri dengan lebih tepat dan detil. Dengan masukan-masukan dari panel asesor, Prodi Matematika akan melakukan upaya perbaikan, baik dari sisi manajerial maupun kurikulum.  “Khususnya, kurikulum merdeka belajar – kampus merdeka, yang saat ini tengah dirancang oleh Prodi Matematika, akan mengakomodasi mata kuliah yang lebih mencerminkan visi Prodi dan membantu mahasiswa untuk memperpendek masa studi,” jelasnya.





Wah selamat untuk Prodi Matematika!





Semoga semakin maju kedepannya~





Penulis: Ayu Sulistiara









BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.