Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #97: Sugeng Tanggap Warsa Unsoed!

Posted: 23 September 2020
Comments: 0


Sumber: Unsoed.ac.id




Wah, tambah umur ya Unsoed! Di tengah pandemi gini tetep ada perayaan Diesnat ora?





Ada dong! Jadi, pada hari Rabu (23/09) Unsoed melaksanakan Sidang Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke-57 yang dilaksanakan di Auditorium Graha Widyatama. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Sidang Terbuka Senat tahun ini dilakukan secara offline dan online dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.





Acara tersebut mengambil tema “Berkarya Di Tengah Pandemi, Berkontribusi Menjaga Reputasi” dan juga disiarkan melalui aplikasi Google Meet, dan live streaming Youtube.





Siapa aja yang hadir lur?





Banyak lur, peringatan tersebut dihadiri oleh jajaran Rektorat, tamu undangan, perwakilan mahasiswa dari beberapa ukm, mahasiswa berprestasi tingkat universitas dan lainnya.





Terus, rangkaian acaranya apa bae?





Aku jelasin ya, jadi rangkaian acaranya yang pertama ada Sidang Terbuka Senat, pidato laporan tahunan Rektor Unsoed yang menyampaikan capaian Unsoed selama satu tahun terakhir, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada dosen, pengawas, administrator, pengelola keuangan, arsiparis, pustakawan, laboran, tenaga akademik, dan mahasiswa berprestasi Unsoed tahun 2020. Selain itu, diumumkan juga pemenang lomba Unsoed Virtual Expo tahun 2020.





Woah akeh! Tanggapan Pak Rektor mengadakan peringatan di tengah pandemi kepriwe lur?





Di kesempatan tersebut, Rektor Unsoed mengatakan bahwa walaupun di tengah pandemi seperti ini, kita tetap berusaha yang terbaik tanpa mengurangi kinerja dan semangat kita untuk tetap berkreasi, beraktivitas dan tetap produktif. Kita juga menekankan kepada mahasiswa bahwa pandemi ini bukanlah keinginan kita, jadi mari kita pikul bersama dan saya harap pandemi ini cepat selesai dan bisa segera memperbaiki dan meningkatkan kinerja kita.





Oke mantap! Terus di peringatan Dies Natalis Unsoed ke-57 upaya apa yang dilakukan oleh BEM Unsoed?





Setelah selesai acara Sidang Terbuka Senat, Ketua BEM Unsoed, Lugas Ichtiar, menyerahkan kertas posisi yang berisikan tugas Unsoed dengan tema “Reformasi Unsoed” kepada Rektor, Prof. Dr. Ir. Soewarto, M.S. Kertas posisi tersebut berisi 3  poin penting, yaitu:





  1. Reformasi birokrasi, berisi Implementasi kebijakan yang simpang siur antara Universitas dan Fakultas, pelayanan pendidikan yang masih tidak sesuai dengan SOP.
  2. Reformasi biaya pendidikan, berisi transparansi pembagian kriteri kelompok UKT tidak diketahui penetapannya dan pembagian kriteria kelompok UKT dinilai tidak adil karena dapat memberatkan mahasiswa dengan pendapatan rendah.
  3. Reformasi demokrasi, berisi mengenai kurang terlibatnya mahasiswa dalam pengambilan kebijakan sehingga menimbulkan kebijakan yang tidak sesuai dengan harapan mahasiswa.




Sumber: Kementrian Media Aplikatif BEM Unsoed




Tujuan dari 3 poin kuwe gimana sih?





Poin rekomendasi yang disampaikan oleh BEM Unsoed bertujuan untuk menuntut beberapa hal, antara lain:





  1. Perlu adanya koordinasi yang baik antara pihak Rektorat dan Dekanat terkait implementasi kebijakan.
  2. Perlu adanya sistem monitoring dan kearsipan yang baik sehingga alur surat-menyurat lebih efektif dan efisien.
  3. Pengaturan ulang nominal pembagian kelompok UKT menyesuaikan dengan realita kehidupan yang layak.
  4. Membuka ruang partisipasi mahasiswa secara kontinu dalam pengambilan kebijakan sebagai konsekuensi badan publik.




Upaya tersebut dilakukan dengan tujuan supaya dilihat oleh mereka sebagai bentuk aspirasi yang dikemas berbeda dari biasanya. Aspirasi ditutup melalui pemberian puluhan tangkai bunga dengan pesan kepada tenaga pendidikan dan ditutup dengan karangan bunga sebagai simbol cinta dari mahasiswa.





Jadi gitu teman-teman, tepat pada hari ini Unsoed merayakan ulang tahun ke-57. Semoga upaya yang dilakukan oleh BEM Unsoed bisa dikabulkan dan dilancarkan yaa!





Penulis: Sifahannisa













BETTER (BEM Newsletter) adalah layanan berita terkini mengenai Unsoed, isu-isu nasional, dan internasional. Dikemas dengan gaya bahasa yang mudah dipahami, BETTER bakal hadir setiap hari Senin-Kamis biar kamu update informasi selalu!





Punya saran dan masukan untuk BETTER? Tulis disini ya!


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.