Category: Press Release

Tindak Lanjut COVID-19, Unsoed Bentuk Tim Satuan Tugas COVID-19

Posted: 17 Maret 2020
Comments: 0


Suasana rapat terbatas Satgas COVID-19 Unsoed dengan BEM Unsoed.




Purwokerto, BEM Unsoed — Dalam rangka menindaklanjuti penyebaran COVID-19 baru-baru ini, Unsoed membentuk Satuan Tugas (Satgas) COVID-19. Satuan tugas ini diharapkan dapat melakukan sosialisasi pencegahan dan mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan Unsoed secepatnya. Satgas COVID-19 yang telah dibentuk mengundang BEM Unsoed dalam rapat terbatas perihal penanggulangan penyebaran COVID-19, yang dilaksanakan di ruang rapat gedung LPPM pada Senin (16/03/2020).





Rapat terbatas ini menghasilkan langkah-langkah konkret untuk penanggulangan penyebaran COVID-19 khususnya di lingkungan Unsoed setidaknya sampai 14 hari kedepan. Langkah-langkah untuk mencegah penularan COVID-19 diantaranya yaitu:





  1. Membuat call center dengan berkerjasama dengan pihak Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) sebagai bentuk respon cepat tanggap tehadap pencegahan COVID-19.
  2. Melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 bagi mahasiswa dan masyarakat melalui media sosial, poster, dan videotron.
  3. Melakukan screening tracking, yaitu menggali informasi keseharian para civitas akademik Unsoed selama dua minggu terakhir. Hal ini bertujuan memutus kemungkinan rantai penyebaran COVID-19.




Kemudian terdapat rekomendasi dari Satgas kepada rektor untuk menginstruksikan kepada jajaranya terkait penangulangan COVID-19:





  1. Memberikan instruksi pengadaan keran air beserta sabun disetiap lingkungan Unsoed, baik di kampus maupun di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM).
  2. Melakukan disinfeksi kampus dengan mensterilkan ruang-ruang yang ada di kampus.
  3. Melakukan social distancing sebagai bentuk pencegahan yang didalamnya menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran dan kegiatan mahasiswa.




“Himbauan bagi mahasiswa terkait kebijakan kampus untuk belajar mandiri selama dua minggu. Dengan berbagai pertimbangan, [kami] menghimbau kepada mahasiswa untuk tetap di lingkungan kampus dan membatasi diri sebagaimana mestinya sengan menerapkan social distancing,” ujar Tim Satuan Tugas COVID-19 Unsoed.





Reporter : Dzaki Azhar





Penulis : Dzaki Azhar





Editor : Chrisdian Provita


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.