Hai hai hello sobat Gensoed!! Dhipa balik lagi nich, yeyy!! [tpuk tngan]. Kali ini Dhipa bakal bawain berita ter update minggu ini di Weekly Report edisi #29 yeyyy!! Soo ga banyak basa basi lagi, let’s check it out!!

Kabar baik nih bagi kalian Gensoed yang mau pulang kampung! Stasiun Purwokerto hadirkan fasilitas ngopi gratis bagi calon penumpang.

(Sumber: banyumas.tribunnews.com)

Wahh seru, nih, makin nggak sabar buat pulang kampung, nih, Dhip!!

Stasiun Purwokerto kini hadirkan fasilitas “Ngopi Santuy” yang berupa stand ngopi gratis ditemani live music bagi calon penumpang. Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, fasilitas ini dihadirkan bertepatan dengan HUT Ke-77 KAI, Rabu (28/9/2022).

Sabi nichh nunggu kereta sambil ngopi n chill >_<

Yoiii gess!! Benar banget, fasilitas Ngopi Santuy ini juga menyediakan layanan WiFigratis, nih. Sembari kita menunggu kereta datang, bisa sambil ngobrol ngobrol santai di Ngopi Santuy ini dari pukul 15.00 WIB sampai 17.00 WIB, tepatnya di Area Millenial Stasiun Besar Purwokerto. Fasilitas ini diadakan sebagai bentuk loyalty program kepada pelanggan setia Kereta Api Indonesia. Event ini juga sebagai media promosi aplikasi platform resmi ticketing KAI yaitu KAI Access sekaligus sebagai media pemasaran dan layanan informasi terkait angkutan rombongan, tarif khusus dan produk layanan PT KAI lainnya.

Ehh tapi, gimana caranya kita bisa dapet kopi gratis di stasiun, Dhip??🤔🤔

So easy lurr, alias gampang banget buat bisa dapetin kopi gratis ini, para calon penumpang yang telah melalui proses boarding bisa langsung ngopi di tempat ini secara gratis. Tapi calon penumpang harus registrasi dan verifikasi dahulu untuk mendapatkan 1 kupon untuk kopi gratis.

“Kami berharap kegiatan Ngopi Santuy dapat menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara KAI dan masyarakat khususnya pengguna setia jasa KA sehingga dapat menjadi ‘kenangan manis’ yang menjadikan alasan pelanggan untuk kembali menggunakan jasa layanan transportasi KA,” ujar Daniel.

Setelah ini, siapa, nih, yang mau buru-buru packing dan beli tiket kereta untuk pulang kampung!! Kalau Dhipa sendiri, nunggu UTS kelar kali yeee, xixixi.


Siap-siap! Perguruan Tinggi di Purwokerto bakal makin maju!

(Sumber: jateng.antaranews.com)

Asyik! Ada apa, nihkok tiba-tiba?

Yashh, is such great news for today, yippieU know what? Sepertinya pemerintah sudah mulai focus pada permasalahan fasilitas yang ada di kampus-kampus Purwokerto, lhoo. Mengutip dari jateng.antaranews.com, pemerintah Banyumas mengatakan bahwa dengan hadirnya perguruan tinggi di suatu daerah, perekonomian di sekitarnya akan terdampak dan bangkit. Betul apa betul?

Dengan pernyataan tersebut, dan proof bahwa tak sedikit masyarakat Purwokerto dapat memiliki mata pencaharian baru, menjadi lebih kreatif, dan berlomba-lomba untuk mengenyam pendidikan tinggi, cukup membuat tekat wakil bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, untuk memajukan fasilitas kampus di Purwokerto kian mantap.

Hmm tapi apakah semua kampus yang ada di Purwokerto akan terdampak dari pemajuan fasilitas kampus ini? 

We never know sobat Dhipa~ Tapi pastinya, untuk almamater kita tercinta ini akan sangat didukung oleh sang wakil bupati mengenai pengembangan Fakultas Kedokteran yang berada di dekat RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. 

My bestie is studying in other campus 🙁 Can I bring this good news for em?

Sure! kampus lain seperti IAIN, UMP, dan IT Telkom Purwokerto juga masuk ke dalam sasaran pengembangan fasilitas ini. So, jangan khawatir, karena pemkab Banyumas akan berlaku seadil-adilnya dalam pemajuan fasilitas kampus ini! Yuk, sama-sama bantu pemkab Banyumas dengan melakukan hal sederhana seperti tidak merusak fasilitas kampus ya^^


Rupiah Kian Melemah…

Sumber: Bursa Bisnis

Rekor terparah sepanjang 2022

🙁 Ada apa, Dhip, kok bisa sampai begini?

Menurut Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI), Edi Susianto, mengatakan bahwa pelemahan rupiah yang terjadi disebabkan oleh dollar AS yang menguat terhadap hampir semua mata uang utama seperti euro Uni Eropa, poundsterling Inggris, yen Jepang, dan dollar Australia.

Lantas, dampak apa yang akan kita hadapi? 🙁

Hmm, ada berbagai macam dampak yang akan kita hadapi, tapi salah satu dampak ini akan sangat berpengaruh bagi sobat Dhipa semua. Guess what? Harga barang impor yang merupakan sumber pangan sehari-hari seperti gula, garam, daging sapi, gandum, kedelai, akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. And the worst case is … masalah ini bisa menciptakan tekanan inflasi dalam negeri yang cukup tinggi.

Lalu, apabila rupiah terus melemah dan semakin menjauh dari titik stabil, BI diperkirakan akan mengambil langkah dengan menaikkan tingkat suku bunga. Apa efeknya? Yap, tidak lain dan tidak bukan pertumbuhan kredit perbankan juga akan melemah. Hal ini juga akan menyebabkan masyarakat  mengurangi belanja untuk KPR, properti, dan kendaraan bermotor.

It must be hard for us, what should I do?

As a mahasiswa yang memiliki banyak kebutuhan dengan uang pas-pasan, kita bisa banget, nih, mengurangi pembelian barang-barang impor jenis apapun itu dan menggantinya dengan produk lokal. Selain itu, jika kalian memiliki uang dollar, lebih baik tidak ditimbun dan ditukarkan sekaligus ke dalam jumlah yang besar demi keuntungan pribadi 😡‼️

Untuk kalian yang suka healing dan melepas penat, bisa banget lhoo berwisata dan mengeksplorasi wisata lokal di dalam negeri instead of fly away to other countries. Ayo bantu negara ini dengan melakukan hal-hal kecil yang sangaaaaat berarti bagi negeri! Semangat semua, sebesar apapun masalahnya, we can pass it, we are one, together, Indonesia.


Penulis: Ammatulloh Nur Bhaethy & Shakila Jasmine

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *