(Sumber : unsoed.ac.id)

Sebentar … KRI itu apa, Lur?

Jadi, KRI merupakan singkatan dari Kontes Robot Indonesia. Pada tahun ini, tim robotika dari UKM Soedirman Robotic Team (SRT) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil melaju ke tahap selanjutnya dari KRI yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) Tingkat Nasional tahun 2021, bersama 19 tim dari perguruan tinggi lainnya.

Wah, keren! Robot apa tuh yang dilombain?

Banyak, Lur! Karena KRI sendiri merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam keseluruhan bidang robotika. Kontes robot tahunan ini, diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek.

Di tahun 2021, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menjadi tuan rumah penyelenggaranya. Tapi karena kita masih berada dalam situasi pandemi, kontes ini pun berlangsung secara daring.

(Sumber : unsoed.ac.id)

Terus, tahapannya apa aja biar bisa sampai tingkat nasional?

Nah, tahapannya itu dimulai dari pengiriman proposal calon tim peserta KRI. Tim yang lolos seleksi proposal tahap pertama, bakal lanjut buat mengikuti seleksi tahap kedua, yang merupakan evaluasi kesiapan tim. Seleksi tahap kedua ini mencakup kesiapan robot, lapangan kontes serta infrastruktur video conferencing.

Kalau berhasil lolos seleksi tahap kedua, tim akan diundang untuk mengikuti kontes tingkat wilayah. Kontes tingkat wilayah diselenggarakan di dua wilayah yaitu wilayah I mencakup Indonesia bagian barat dan wilayah II mencakup Indonesia bagian timur. 

Para tim terbaik pada kontes wilayah satu dan dua inilah yang bertanding dalam tingkat nasional.

Semoga dapat hasil yang terbaik, Lur!

Aamiin.

Pada Kamis (30/9), Tim Blakasutha menampilkan robot pelontar anak panah secara akurat ke arah titik pot yang telah ditentukan. Tim yang melaju ke tingkat nasional ini, beranggotakan 14 mahasiswa dari berbagai program studi, dengan Pembina SRT, Priswanto, S.T., M.Eng, dan Aziz Wisnu Widhi Nugraha, ST., M.Eng.

Ketua Tim Robotika Unsoed, Abu Bakar As Shidiq Al Muqayyim, juga berharap dapat memberikan yang terbaik untuk almamater, orang tua dan semua pihak yang telah mendukung.


Penulis : Ardi Eka

Bagikan
4 thoughts on “BETTER #261 : Tim Robotika Unsoed Berlaga di Tahap Nasional KRI 2021!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *