Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #162 : Selamat, yang Membanggakan Kembali Datang!

Posted: 17 Mei 2021
Comments: 0


(Sumber: Unsoed.ac.id)




Wah, ada apa kiye?





Ada yang kembali membanggakan nih, Lur! Pada 30 April 2021 kemarin, lima delegasi Unsoed yang merupakan kolaborasi tim lintas jurusan berhasil meraih medali emas dalam Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2021). Ajang ini diselenggarakan secara virtual oleh National Research Council of Thailand, dan diikuti secara daring oleh peserta dari negara asalnya masing-masing.





Sebentar … kembali membanggakan? Emang sebelumnya wis pernah?





Sudah dong! Tim delegasi ini juga pernah meraih medali perak pada event sebelumnya, yaitu pada Advanced Innovation Global Competition (AIGC) 2020 yang dilaksanakan di Singapura. Event perlombaan ini diikuti oleh beberapa negara seperti Indonesia, Thailand, Cina, Vietnam, Mesir, Sri Lanka, Filipina, dan Korea Selatan. Proses perlombaan diawali dari eliminasi tahap 1 pada bulan Desember 2020. Tim yang lolos diumumkan pada 20 Desember 2020. Puncak kegiatan ini diadakan pada 30 April 2021, meliputi proses presentasi, penjurian, dan awarding.





Delegasi Unsoed membawa karya apa?





Pada ajang tersebut, delegasi Unsoed mengangkat sebuah karya berjudul “Microcontroller-based Automatic Irrigation Gate Design for Rice Farming using the System Rice Intensification (SRI) Method”. Karya ini merupakan karya pengembangan dari inovasi yang sudah ada sebelumnya, karena memandang karya sebelumnya masih perlu adanya pengembangan desain sistem irigasi. Ide ini juga merupakan bentuk penawaran solusi terhadap permasalahan yang ada, untuk men-setting sistem pengairan yang efisien sesuai kebutuhan sehingga pertumbuhan dan hasil tanaman padi pun dapat optimal.





Keren! Siapa aja delegasi yang membanggakan itu, Lur?





Kelima delegasi Unsoed itu merupakan teman-teman Gensoed angkatan 2019, Lur. Terdiri dari Irwandhi (Agroteknologi 2019), Ilham Filsa Satria Nugroho (Agroteknologi 2019), Haris Raditya Subandrio (Biologi Internasional 2019), Pramudya Wisanggeni (Biologi Internasional 2019), dan Umi Dwi Maharani (Biologi 2019).





Selamat ya, semoga dapat menginspirasi teman-teman yang lainnya! Maju terus pantang mundur, tidak kenal menyerah!










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.