Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #170 : Yuk Sambut Jaringan 5G yang Akan Segera Hadir di Indonesia!

Posted: 27 Mei 2021
Comments: 0


(Sumber: metrobali.com)




Wah, emang di Indonesia uwis ana jaringan 5G, Lur?





Nah, hari ini tepatnya Kamis, 27 Mei 2021 akan diluncurkan jaringan 5G pertama di Indonesia lho! Kominfo mengharapkan implementasi teknologi 5G di Indonesia kiye, dapat memudahkan masyarakat untuk mewujudkan akses telekomunikasi yang lebih berkeadilan dan dapat meningkatkan kemampuan serta literasi masyarakat untuk dapat menggunakan teknologi secara efektif dan adaptif. Untuk peluncuran perdana ini, Telkomsel berkesempatan menjadi provider pertama sing bisa mengakses jaringan 5G kiye.





Memangnya ora semua provider, Lur?





Enggak, Lur! Jadi, beberapa tahun lalu, berbagai operator seluler uwis melakukan uji coba jaringan generasi kelima kiye, dan Telkomsel merupakan operator seluler pertama sing mengajukan permohonan Uji Laik Operasi (ULO) 5G. Nah, permohonan ini berjalan dengan lancar sehingga Kominfo menerbitkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G kepada Telkomsel.





Kelebihan sinyal 5G ini apa aja sih, Lur?





Nah, jaringan baru 5G bukan hanya menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi lho! Tetapi jaringan ini juga menawarkan latensi sing lebih rendah dan kepadatan koneksi yang lebih tinggi dibandingkan jaringan sebelumnya. Selain itu, jaringan 5G juga memungkinkan waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik saja. FYI, jaringan ini sengaja dirancang untuk menghubungkan makin banyak dan beragam perangkat, jadi bukan hanya smartphone saja sing bisa menikmati jaringan baru ini.





Terus daerah endi bae nih yang bisa akses jaringan 5G?





Pada tahap awal, jaringan 5G ini akan hadir neng enam lokasi yang ada di Jabodetabek, yaitu Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpog Damai (BSD), Widya Chandra, dan Alam Sutera. Tapi tenang aja, Lur, karena ada sembilan lokasi di delapan kota yang akan segera menikmati layanan 5G ini, yaitu Medan, Batam, Bandung, Balikpapan, Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.





Kita harus ganti kartu ora sih buat menikmati jaringan 5G kiye?





Untuk peluncuran jaringan 5G kiye, cukup berbeda dengan peluncuran jaringan 4G sebelumnya. Jika pada jaringan 4G pengguna harus mengganti terlebih dahulu kartu SIM menjadi kartu SIM 4G untuk dapat menikmati layanannya, pada peluncuran 5G kali ini, pelanggan ora perlu menggantinya. Yang penting kartu yang kamu digunakan sudah 4G ya!





Jadi, untuk kalian sing kartu SIM nya sudah 4G nggak perlu risau ya, tinggal tunggu saja jaringan kiye menjangkau daerahmu!










Penulis: Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.