Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #220 : Bantuan Kuota Belajar dari Kemdikbud Akan Diberikan Mulai September

Posted: 5 Agustus 2021
Comments: 4


(Sumber : kumparan.com)




Wah, siapa saja, nih, yang bakal dapat?





Akan ada 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen yang akan menerima bantuan kuota dari pemerintah, Lur. Bantuan kuota belajar ini, akan diberikan secara bertahap mulai bulan September, Oktober, dan November 2021 sing bertepatan dengan semester awal tahun ajaran 2021/2022.





Bakal dapet berapa GB, nih, per orangnya?





Bantuan kuota sing didapat sama seperti tahun sebelumnya, Lur. Bantuan akan dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan yang ditempuh. Siswa paud akan mendapatkan bantuan sebesar 7 GB, siswa pendidikan dasar dan menengah akan mendapatkan 10 GB, guru akan mendapatkan 12 GB, dan mahasiswa serta dosen akan mendapatkan 15 GB per bulan.





Nah, ada kabar baik, nih, Lur, yaitu kuota belajar sing diberikan kali ini merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk semua aplikasi dan situs, kecuali yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.





Syarat untuk dapet kuota ini, gimana, Lur?





Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyatakan bahwa salah satu syarat untuk mendapatkan bantuan ini yaitu kepala satuan pendidikan harus memperbarui data penerima kuota dan melaporkan surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kepada Kemendikbud-ristek selambat-lambatnya pada 31 Agustus 2021.





Jadi, inilah alasan mengapa bantuan tidak diberikan mulai bulan ini, Lur, karena pendataan yang dilakukan kuwe membutuhkan waktu yang cukup lama, juga penuh ketelitian agar bantuan tidak sampai ke nomor yang salah. Oleh karena itu, kalian harus bersabar terlebih dahulu yaa^^!





Sebagai informasi tambahan, kalian bisa mengunjungi Instagram Kemendikbud RI yang juga membahas mengenai bantuan UKT dan cara untuk mendaftarkannya, yaitu di @kemendikbud.ri atau langsung cek di sini https://www.instagram.com/p/CSJ3qAvF0PT/?utm_medium=copy_link





Semoga bantuan yang diberikan, dapat meringankan beban kita semua, ya, Lur. Gunakan kuota yang diberikan sebaik mungkin dan tetap jaga kesehatan!










Penulis : Ammatulloh Nur Bhaethy


Tags: , ,

Post Terkait

4 thoughts on “BETTER #220 : Bantuan Kuota Belajar dari Kemdikbud Akan Diberikan Mulai September”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.