Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #221 : Tingkat Keterisian Tempat Tidur Isolasi Pasien Covid di Banyumas Berangsur Menurun

Posted: 6 Agustus 2021
Comments: 0


(Sumber: Merdeka.com)




Alhamdulillah … beneran kuwe, Lur?





Iya, bener, Lur. Jadi, tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) untuk isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit saat ini berkisar 76-78 persen, walaupun untuk ICU (Intensive Care Unit) masih di atas 80 persen.





Berarti kasus penularan Covid-19 di Banyumas wis menurun dong?





Nah, betul maning, nih 😊





Dengan makin menurunnya tingkat keterisian tempat tidur isolasi, maka bisa dikatakan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Banyumas juga cenderung menurun dibandingkan dengan kondisi beberapa pekan sebelumnya.





Emang tempat tidur isolasinya ada berapa sih, Lur?





Berdasarkan pernyataan dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto, jumlah tempat tidur untuk menangani pasien Covid-19 di Banyumas mencapai kisaran 1.300 unit. Sehingga dengan adanya penurunan kuwe, ketersediaannya masih mencukupi kebutuhan.





Terus nek jumlah pasien meninggal dunia dan pasien sembuhnya ada berapa tuh?





Nah, jumlah pasien Covid-19 di Banyumas yang meninggal dunia dalam dua hari terakhir rata-rata di bawah 20 orang per hari, Lur. Demikian juga dengan angka kasus positif aktif dalam beberapa hari terakhir yang menurun di kisaran angka 200 orang per hari dari sebelumnya yang mencapai kisaran 600-700 per hari.





Dalam hal ini, kasus positif aktif baru pada tanggal 4 Agustus 2021 tercatat sebanyak 245 orang, sedangkan yang meninggal dunia 18 orang.





Kira-kira dari pemerintah ana rencana untuk menambah jumlah tempat tidur lagi nggak, Lur?





Untuk saat ini, Pemkab Banyumas belum berencana untuk menambah rumah sakit darurat maning, Lur. Menurut Sadiyanto, rumah sakit darurat tersebut cukup di Hotel Rosenda Baturraden dan gedung bakal rumah sakit milik Universitas Muhammadiyah Purwokerto saja.










Penulis : Sevia Ayu Diniati


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.