Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #148 : Beres Verifikasi, Unsoed Siap Tanding di Liga Dua

Posted: 20 April 2021
Comments: 0


Sumber: unsoed.ac.id




Wah, lawan Rans Cilegon FC dong ...





Eits, ini bukan mau main bola, Lur! Jadi, Senin (19/4) kemarin, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) baru aja melaksanakan verifikasi dan visitasi daring untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka.





Verifikasi dan visitasi ini meliputi pertemuan dengan pimpinan Perguruan Tinggi, dosen Task – Force serta non Task – Force, koordinator program studi, pertemuan dengan mitra, perwakilan mahasiswa, sampai rapat internal reviewer.





Sebentar. Itu sebenernya lomba apa, sih?





Jadi, Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) merupakan competitive fund yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tujuannya, adalah untuk mengembangkan mutu dan relevansi perguruan tinggi agar dapat terus melaju dengan dinamis mengikuti pola kemajuan zaman, sehingga tercapai kualitas pembelajaran dan meningkatkan daya saing bangsa.





Agenda dengan anggaran 415 Milyar ini, wis berlangsung sejak Oktober 2020. Dimulai dengan undangan pemasukan proposal awal, kemudian registrasi di bulan November 2020. Saat ini, PK-KM sudah memasuki tahap pengumuman dan implementasi.





Terus tadi liga dua tuh maksudnya gimana, Lur?





Nah, berdasarkan kapasitas perguruan tinggi, pengusul dari Program Kompetisi Kampus Merdeka dibagi menjadi tiga liga. Unsoed masuk ke dalam liga dua, menurut jumlah mahasiswa dari data PD Dikti.





Kalau ngga salah, Unsoed juga pernah dapet hibah MBKM kan?





Wih, keren kowe Lur esih inget! Di tahun 2020, hibah terkait MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) berupa hibah penerapan kerjasama kurikulum di beberapa program studi dan hibah bantuan transfer kredit internasional pada program studi Ilmu Hukum.





Buat tahun 2021, hibahnya berupa CoE pada program studi Agroteknologi dan hibah kerjasama MBKM di program studi Teknik Elektro, Agribisnis, Teknologi Pangan, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Manajemen.





Koordinasi kegiatan hibah dilakukan oleh LP3M termasuk fungsi monitoring, evaluasi, penjaminan mutu, dan keberlanjutan program. Untuk monitoring dan evaluasi administrasi keuangan, dilakukan oleh Satuan Pengawas Internal Unsoed.





Oke, deh! Semoga maju terus pantang mundur, tidak kenal menyerah!





Asik. Cucu jenderal banget nih, kayaknya! Pak Suwarto selaku Rektor Unsoed juga mengucapkan terima kasih kepada tim reviewer PK-KM yang telah hadir dalam rangka verifikasi dan visitasi daring PK-KM Unsoed. Beliau juga menyampaikan, tentang komitmen implementasi MBKM yang dapat mewujudkan relevansi program dengan keunggulan perguruan tinggi, serta inovasi dan kebaruan program di masa mendatang.










Penulis : Ardi Eka Pandawa


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.