Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #147 : Mau Mudik Naik Bus? Kini Terminal Bulupitu dilengkapi GeNose!

Posted: 19 April 2021
Comments: 0


(Sumber: Radarbanyumas.co.id)




GeNose? Apaan kuwe, Lur?





Jadi, GeNose itu merupakan salah satu alat deteksi Covid-19, Lur. GeNose C19 sebenarnya telah digunakan sejak 1 April 2021 sebagai syarat perjalanan dalam negeri, baik transportasi darat, laut, maupun udara. Namun, di Terminal Bulupitu sendiri baru ada akhir-akhir ini.





Terus GeNose itu mulai difungsikan kapan nih?





Nah, menurut Bayu Setiawan, Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Purwokerto, alat uji Covid-19 GeNose ini akan difungsikan dalam waktu dekat. Rencananya sudah bisa digunakan mulai Rabu (21/4) besok, Lur! Karena untuk saat ini alat GeNose sudah ada, tetapi belum lengkap.





Ada syarat tesnya ora, Lur?





Ada dong! Jadi, penumpang yang akan melakukan tes wajib tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum dites. Berhubung saat ini bulan Ramadan dan banyak yang berpuasa, disaranan jika ingin melakukan tes pada siang hari, sebaiknya berkumur terlebih dahulu untuk mengoptimalkan hasilnya. GeNose nggak membatalkan puasa kok, Lur!





Oh iya, untuk cara kerjanya, GeNose memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam membedakan pola senyawa yang dideteksi dalam hembusan napas. Jadi, orang yang dites diminta menghembuskan napas di kantung khusus, kemudian hasilnya akan keluar.





Wah gampang juga ya … Eh, tapi, antrenya lama nggak, Lur?





Nah, hal ini menjadi catatan yang perlu diperhatikan jika kelak alat uji GeNose di Terminal Buluitu difungsikan. Hal ini berkaitan dengan sistem pembelian tiket bus, karena berbeda dengan kereta, misalnya. Sebab biasanya tiket bus dibeli secara mendadak di terminal. Nah, sistem ini sangat rawan menimbulkan antrean panjang, terutama saat musim mudik nanti, Lur.  





Kita doakan saja, mudah-mudahan kalau GeNose ini difungsikan, tidak menimbulkan antean panjang maupun permasalahan lainnya ya, Lur. Oh iya, buat sedulur-sedulur yang mau pulang ke kampung halaman, tetap patuhi protokol kesehatan yaa ...










Penulis : Silvia Sulistiara


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.