Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #152 : Selamat, Unsoed Dapat Peringkat!

Posted: 26 April 2021
Comments: 0


(Sumber: Unsoed.ac.id




Wih, peringkat apaan nih?





Jadi gini, Lur, melansir dari akun Instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unsoed masuk jajaran 20 besar perguruan tinggi se-Indonesia dalam Research and Innovation Rangking berdasarkan Scimago Institutions Rangkings (SIR) 2020. Pada tahun sebelumnya, Unsoed berada pada peringkat ke-28, dan tahun ini, Unsoed berhasil menempati peringkat ke-17. Hal ini membuktikan bahwa riset dan inovasi yang dilakukan oleh Unsoed mengalami peningkatan yang signifikan.





Pemeringkatannya berdasarkan apa, Lur?





Nah, SIR ini adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator dalam pemeringkatan, yaitu berdasarkan kinerja penelitian (50%), hasil inovasi (30%), dan dampak sosial (20%) yang diukur dengan vibilitas web. Tiga indikator tersebut mencerminkan karakteristik ilmiah, ekonomi, dan sosial lembaga, masing-masing mencakup aspek “size dependent” dan “size independent”, Lur!





Keren … selamat ya Unsoed!





Terima kasih, Lur! Seperti yang diungkapkan Ketua LPPM UNSOED, Prof. Dr. Rifda Naufalin, M.Si., capaian ini sesungguhnya merupakan buah dari kerja keras civitas akademika Unsoed yang dengan semangat yang luar biasa berperan serta meningkatkan kinerja di bidang riset dan inovasi. Prof. Dr. Ir Suwarto, M.S., Rektor Unsoed, mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus mendukung dan memfasilitasi agar capaian ini dapat terus meningkat.





Namun, tidak cukup berhenti sampai diperolehnya hasil penelitian, melainkan juga harus disebarluaskan melalui diseminasi dan publikasi ilmiah untuk meningkatkan kebermanfaatannya, Lur! Oleh karena itu, sejumlah kegiatan telah, sedang, dan terus dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed.





Maju terus pantang mundur, tidak kenal menyerah!










Penulis: Silvia Sulistiara


Tags: ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.