Category: BETTER : BEM Newsletter

BETTER #164 : Waspada, Lima Klaster Covid-19 Muncul di Banyumas Sejak Ramadan!

Posted: 19 Mei 2021
Comments: 0


(Sumber: regional.kompas.com)




Hah, ceritanya priwe, Lur?





Jadi gini, Lur ana lima klaster baru covid-19 di Kabupaten Banyumas terhitung sejak bulan Ramadhan. Tiga klaster ditemukan sebelum lebaran dan dua klaster lainya ditemukan pasca lebaran.





Nah, coba jelasin dong kok bisa klaster baru itu ditemuin?





Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa klaster terakhir ditemukan dari warga dari salah satu RT wilayah Desa Karangtalun Kidul Kecamatan Purwojati yang dikabarkan positif Covid-19. Dari hasil tracing dan testing yang dilakukan secara bertingkat, pada akhirnya ditemukan duapuluh sembilan warga yang positif Covid-19 yang seluruhnya merupakan warga dari RT tersebut.





Lalu, ada gak sih inisiatif yang dilakuin pemerintah terkait hal tersebut?





Terkait klaster terbaru, Bupati wis memerintahkan Dinas Kesehatan untuk melakukan evakuasi dan karantina untuk duapuluh sembilan warga yang terpapar Covid-19 ditempat karantina Pondok Slamet Baturaden. Tetapi warga menolak dan akhire dilakukan karantina mandiri dengan pemantauan. Selain itu, Bupati Banyumas juga sudah memerintahkan Satgas Covid-19 tingkat desa dan kecamatan untuk melaksanakan micro-lockdown di wilayah RT tersebut untuk njamin isolasi mandiri benar-benar dilaksanakan.





Wah berarti sekarang kudu hati-hati ya dalam melakukan aktivitas





Betul itu, Lur! Bupati Banyumas pun menghimbau warga agar semakin ketat dalam menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat juga dihimbau agar tidak abai dan tidak menganggap remeh Covid-19, meningkatkan kedisiplinan dan mengenakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Jadi meskipun kamu bukan warga dari RT tersebut, tetap jaga kesehatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan ya, Lur!










Penulis : Muhammad Fakhri Hamasah


Tags: , ,

Post Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.